Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Harga Swab Antigen di RSUD Gambiran Kediri Turun

Foto ilustrasi

Kediri (beritajatim.com) – RSUD Gambiran Kota Kediri menurunkan harga tes swab antigen menjadi Rp 150.009,- dari harga sebelumnya Rp 200.000. Harga ini akan berlaku bagi masyarakat umum mulai Kamis (26/08).

Pemberlakuan harga terbaru ini berdasarkan kebijakan RSUD Gambiran Kota Kediri dan harga bahan habis pakai yang mengalami penurunan.

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar menyampaikan adanya penurunan harga tes swab antigen juga untuk meringankan masyarakat yang hendak tes mandiri.

“Tidak hanya RSUD Gambiran saja, beberapa laboratorium di Kota Kediri juga telah memberlakukan penurunan harga pada tes swab antigen dan PCR. Dengan adanya penurunan harga ini, dapat meringankan masyarakat yang ingin tes mandiri untuk keperluan pribadi. Namun, untuk masyarakat yang hendak tes swab antigen karena ada gejala yang mengarah ke Covid-19, bisa melakukan tes di puskesmas terdekat dan tanpa dipungut biaya,” ujar Mas Abu.

Kepala Ruang Laboratorium Patologi Klinik RSUD Gambiran Lin Muji Lestari menyampaikan penurunan harga tes tidak berpengaruh pada kuota dan kualitas swab antigen.

“Untuk pelayanan tes swab bagi pasien rawat jalan dan permintaan mandiri akan dilayani sesuai dengan jam pelayanan poliklinik yaitu mulai 07.30 sampai 12.00. Lalu khusus hari Jumat hanya sampai pukul 11.00,” ujar Lin. Lanjutnya, hal itu pengecualian bagi pasien IGD akan dilayani selama 24 jam.

Selain itu, Lin juga menjelaskan untuk saat ini RSUD Gambiran hanya melayani tes PCR untuk pasien rawat jalan dan inap yang ada indikasi suspek Covid.

“Di RSUD Gambiran pun kami hanya melakukan pengambilan swab saja. Selanjutnya sampel kami kirim ke Laboratorium RS Kilisuci dan itu tidak dikenai biaya. Serta untuk saat ini kami belum melayani PCR untuk pemeriksaan mandiri,” tambah Lin.

Sementara itu, Plt. Direktur RS Kilisuci dr. Tuti Mahanani menyatakan untuk saat ini tes PCR yang ada di RS Kilisuci masih dialokasikan untuk pasien saja.

“Sementara ini, untuk tes PCR masih kita berikan khusus bagi pasien yang dirawat di RS Kilisuci. Tes dilakukan ketika mereka baru sampai di rumah sakit untuk kami kategorikan gejala yang dialami dan penyesuaian penempatan kamarnya,” ujar dr. Tuti.

Saat ini, harga tes PCR dan swab antigen pada beberapa laboratorium yang ada di Kota Kediri juga mengalami penurunan. Salah satunya Laboratorium Sima yang memberlakukan harga tes PCR sebesar Rp 495.000 dan tes swab antigen di Laboratorium Sam Husada Kota Kediri sebesar Rp. 150.000. [nm/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar