Pendidikan & Kesehatan

Harga Jahe dan Kencur di Malang Melambung Tinggi

Pedagang rempah-rempah di Kota Malang.

Malang(beritajatim.com) – Wabah virus corona atau Covid-19 telah menyebar ke berbagai negara di dunia termasuk Indonesia. Hingga saat ini ahli medis dan tim kesehatan masih mencari vaksin untuk menyembuhkan pasien yang terinfeksi virus corona.

Di Indonesia, minuman empon-empon atau minum-minuman tradisional berbahan rempah-rempah diyakini mampu menangkal berbagai virus, termasuk virus corona. Hasil riset tim medis memang masih perlu di uji di labolatorium. Namun secara khasiat memang ramuan-ramuan itu mampu meningkatkan imunitas dan daya tahan tubuh.

Daya tahan tubuh, menjadi kunci utama menangkal virus corona. Untuk itu, bahan-bahan ramuan herbal mulai diburu masyarakat di pasar-pasar tradisional. Imbas dari kebutuhan yang cukup tinggi, harganya pun turut melambung tinggi.

“Kalau dulu orang beli serai untuk bahan masakan, kini justru banyak yang dijadikan bahan minuman. Karena katanya serai punya khasiat untuk daya tahan tubuh. Kalau serai masih normal karena stok di Malang banyak,” kata Gufron Taufik, salah seorang pedagang di Pasar Klojen Kota Malang, Kamis, (5/3/2020).

Gufron menyebut harga serai masih dikisaran Rp 10 ribu sampai Rp 15 ribu. Harga yang melambung cukup tinggi adalah jahe. Biasanya hanya dijual sebesar Rp 15 sampai Rp 20 ribu kini naik menjadi Rp 40 ribu. Meski harganya melambung tinggi jahe tetap diburu oleh masyarakat.

“Yang harganya agak mahal itu jahe, saya jual Rp 40 ribu per kilogram. Tetapi meski mahal, tetap saja dibeli karena memang dibutuhkan, khasiatnya juga bagus,” ucap Gufron.

Di salah satu lapak lainnya, milik Saudah. Harga jahe bahkan lebih mahal yakni Rp 60 ribu perkilogram. Kenaikan harga jahe disebabkan harga dari distributor juga naik. Bahkan harga kencur perkilogramnya mencapai Rp 80 ribu.

“Jahe Rp60 ribu per kilogram. Sedangkan kencur saat ini dijual dengan harga Rp 80 ribu per kilogramnya. Karena mahal, biasanya. beli cuma seperempat,” tandasnya. (luc/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar