Pendidikan & Kesehatan

Hanya 5 Persen Lansia yang Mau Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Malang

Malang (beritajatim.com) – Vaksinasi Covid-19 bagi warga lanjut usia atau Lansia di Kabupaten Malang, belum optimal. Hal ini terjadi lantaran masih banyak lansia yang tidak memilih program suntik vaksin.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malang, Arbani Mukti Wibowo menjelaskan, dari 65.000 data lansia se Kabupaten Malang, hanya 10.650 lansia yang melakukan vaksinasi.

“Ya sekitar 5 persen saja. Padahal kami sudah siapkan vaksinasi di seluruh fasilitas layanan kesehatan. Dan stoknya pun aman,” ungkap Arbani, Kamis (3/6/2021).

Arbani melanjutkan, alasan minimnya partisipasi lansia di Kabupaten Malang ada dua. Pertama adalah banyak lansia yang ketakutan untuk divaksin.

“Banyak yang takut alasannya. Ya jadi tidak mau disuntik dan memilih di rumah saja,” tegasnya.

Kedua, beber Arbani, terkait akses menuju ke Fasyankes atau fasilitas layanan kesehatan yang cukup jauh dari rumah. “Aksesnya itu jauh dari rumah, banyak yang tidak mau ke Puskesmas dan vaksin,” imbuhnya.

Arbani sudah melakukan antisipasi. Salah satunya, Dinas Kesehatan juga sudah menginstruksikan tenaga kesehatan untuk langsung hadir ke rumah para lansia.

“Ya kami jemput bola. Sudah kami lakukan seperti kemarin ada acara seminar hari Lansia, kami lakukan vaksin juga dan dihadiri ratusan lansia,” pungkas Arbani. [yog/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar