Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

PPDB Jalur Prestasi

Hafal 3 Juz, Murid Bisa Pilih SMP Favorit di Gresik

salah satu siswi sedang mengikuti tes jalur prestasi melalui hafal Alquran tiga juz

Gresik (beritajatim.com) – Tahapan pendaftaran penerimaan peserta didik baru (PPDB) sekolah dasar (SD) masuk sekolah menengah pertama (SMP) tahun ajaran 2022-2023 segera dibuka. Tahap pertama, dibuka jalur prestasi dan tahfidz Alquran. Siswa-siswi yang berprestasi dan yang hafal Alquran sebanyak 3 juz bebas memilih SMP favorit sesuai keinginannya. Jalur tersebut sudah diterapkan Dinas Pendidikan (Disdik) Gresik sebelum dibuka jalur zonasi.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar Disdik (Dinas Pendidikan) Gresik Nur Maslichah mengatakan, berkaca dari tahun lalu, jumlah siswa yang ikut jalur tahfidz ini cukup banyak. Yakni sekitar 28 orang. Pihaknya berharap tahun ini para siswa juga menggunakan kesempatan ini.

“Untuk memulai jalur prestasi ini para siswa dimohon untuk mempersiapkan berkas sertifikat ataupun piagam. Sebab, ada tahapam verifikasi sertifikat untuk pemberian bobot nilai. Pada jalur prestasi ini memiliki bobot 30 persen dari total pagu,” katanya, Rabu (18/5/2022).

Ia menambahkan proses pemberian skor itu belum final karena masih digabungkan dengan sejumlah unsur dalam perhitungan jalur prestasi. “Parameternya nilai akhir didapat 70 persen dari nilai rapor selama lima semester, Kemudian 30 persen didapat dari nilai prestasi yang dimiliki. Setelah itu dikalikan bobot akreditasi lembaga,” imbuhnya.

Maslichah menuturkan, untuk lembaga yang terakreditasi A memiliki bobot 100 persen, akreditasi B bobot 75 persen, akreditasi C bobot 50 persen dan belum terakreditasi bobot 25 persen. “Khusus yang hafal 3 juz (Alquran) bisa langsung lolos, tapi melalui uji petik dulu. Sebab, dari sini yang menentukan penilaiannya,” tuturnya.

Sebelum PPDB dibuka, lanjut dia, pihaknya masih menggodok mekanisme tersebut. Namun, pendaftaran dibuka awal bulan depan. “Mengenai pendaftaran ini Disdik Gresik tinggal menunggu regulasi. Setelah itu pendaftarannya dibuka,” ujar Nur Maslichah. [dny/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar