Pendidikan & Kesehatan

Hadapi Varian Baru Covid-19, RSUD Jombang Siapkan 10 Kamar Khusus

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jombang yang berada di Jl KH Wahid Hasyim. [Foto/Yusuf Wibisono]

Jombang (beritajatim.com) – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jombang menyiapkan 10 kamar khusus untuk isolasi pasien positif Covid-19. Hal itu sebagai langkah menghadapi kemungkinan adanya penyebaran varian baru Covid-19.

Dari 10 kamar khusus tersebut sudah terisi dua, yakni pasangan suami istri (pasutri) asal Bangkalan Madura yang sedang menjalani isolasi di rumah sakit pelat merah tersebut. “Jadi kita pisahkan. Kita siapkan ruang khusus. Jumlahnya 10 kamar,” kata Direktur RSUD Jombang dr Pudji Umbaran, Kamis (10/6/2021).

Pudji mengatakan, meski sedang merawat dua pasien asal Bangkalan, namun hingga saat ini dirinya belum bisa memastikan apakah mereka terinfeksi varian baru Covid-19. Karena hasil uji laboratorium yang dikirim ke Institute of Tropical Disease (ITD) Unair Surabaya belum keluar.

“Akan tetapi kita tetap waspada. Salah satu bentuk kewaspadaan itu, kita siapkan 10 kamar isolasi khusus di RSUD Jombang. Kalau soal perawatan tetap sama. Karena tata laksana penanganan Covid-19 masih sama dengan yang awal,” kata Pudji.

Direktur RSUD Jombang mengungkapkan, setahun lalu atau awal pandemi Covid-19, pihaknya sempat kuwalahan karena tingginya jumlah pasien Covid-19. Bahkan RSUD Jombang sempat menolak pasien karena bed atau tempat tidur tidak mencukupi. Nah, setelah kondisi melandai, jumlah bed tersebut dikurangi.

“Saat ini kami siapkan 62 tempat tidur untuk pasien positif Covid-19, yang terbagi dalam dua tempat. Dari jumlah itu, 10 diantaranya kita siapkan untuk varian baru Covid-19,” kata Pudji yang juga Ketua Bidang Penanganan Covid-19 Kabupaten Jombang.

Selain itu, lanjut Pudji, pasien yang berasal dari PMI (Pekerja Migran Indonesia) juga ditempatkan di ruang khusus. “Jumlah total pasien Covid-19 yang kita rawat hari ini ada 26 orang. Dari jumlah tersebut, termasuk dua orang dari Bangkalan dan satu pasien PMI. Itu yang kita sendirikan. Sat kamar, satu orang,” pungkasnya. [suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar