Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Peringati HGN 2021

Guru SIT Ar Ruhul Jadid Jombang Terima Penghargaan

Pengawas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang bersama juara 1-3 Lomba Media Ajar Inovatif

Jombang (beritajatim.com) – Memperingati Hari Guru Nasional (HGN) 2021, SIT (Sekolah Islam Terpadu) Ar Ruhul Jadid Jombang mengadakan seminar pendidikan dengan tema ‘Menjadi Guru Sehat, Inspiratif, dan Inovatif’.

Selain itu, panitia juga memberikan hadiah atau penghargaan kepada setiap guru di SIT Ar Ruhul Jadid sesuai dengan masa pengabdiannya. Acara tersebut bertempat di gedung Islamic Centre Masjid Agung Baitul Mukminin Jombang Kamis (25/11/2021).  Seminar dihadiri seluruh guru SIT Ar Ruhul Jadid dan turut serta mengundang beberapa Kepala Sekolah SIT se-Kabupaten Jombang.

Ketua panitia HGN 2021 Suwandi, M.Ed.Mgt. menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah berupaya membantu terlaksananya HGN 2021 yang sangat meriah. Karena pada tahun ini pihaknya dapat memberikan berbagai penghargaan kepada seluruh guru yang berkarya di SIT Ar Ruhul Jadid.

Koordinator JSIT (Jaringan Sekolah Islam Terpadu) Kabupaten Jombang ini menambahkan, tahun 2021 kegiatan HGN tidak hanya diperingati sebagai acara seremonial. Tetapi juga terdapat banyak kompetisi yang dipertandingkan oleh semua guru. “Seperti kompetisi dengan tema Berkisah Pahlawan, Media Ajar Inovatif, Vlog Guru Sehat, Cerita Anak, dan Menulis PTK (Penelitian Tindakan Kelas),” lanjutnya.

SIT Ar Ruhul Jadid Jombang merupakan lembaga pendidikan yang berada di bawah naungan Yayasan Ats Tsaqofah. Ketua Yayasan Ats Tsaqofah, Suhartono, MT, Kons, dalam sambutan pembukaan acara menyampaikan bahwa guru mempunyai peranan yang sangat penting dalam proses pendidikan. Oleh karena itu Ia berharap pada peringatan HGN tahun ini pihak Yayasan bisa lebih banyak memberikan pelayanan kepada seluruh guru yang mengabdi di SIT Ar Ruhul Jadid.

Dalam seminar tersebut, panitia mengundang pemateri yang spesial yaitu Ust Yuli Sugiarto selaku Ketua JSIT Jawa Timur dan Dra. Susiana, M.Si selaku pengawas Dinas Pendidikan Jombang. Yuli menyampaikan paparan panjang lebar tentang peran guru.

“Yang paling hebat dari seorang guru adalah mendidik. Sementara rekreasi yang paling indah adalah mengajar. Ketika melihat murid-murid yang menjengkelkan dan melelahkan, hati seorang guru itu teruji kesabarannya. Namun hadirkanlah gambaran bahwa diantara satu dari mereka kelak akan menarik tangan kita menuju surga,” pesan Ust Yuli mengutip nasihat KH Maimun Zubair.

Yuli menambahkan, SIT Ar Ruhul Jadid merupakan lembaga pendidikan yang terus melakukan perubahan. Termasuk saat ini yang tidak ketinggalan adalah para guru ikut serta dalam Program Organisasi Penggerak (POP) yang diselenggarakan oleh JSIT Indonesia bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Hal senada juga disampaikan oleh Susiana, pemateri lainnya. “Ketika saya melihat SKL SIT (Standar Kompetensi Lulusan Sekolah Islam Terpadu) yang sama dengan profil pelajar Pancasila sebagaimana yang dijelaskan Ust Yuli tadi, maka saya sampaiakn SIT selangkah lebih maju dalam melaksanakan Program Merdeka Belajar yang dilaksanakan Kemendikbud,” ujar pengawas Dinas Pendidikan Jombang ini.

Pengurus Yayasan bersama Kepala Sekolah SIT Ar Ruhul Jadid Jombang

Susiana juga mengapresiasi pelaksanaan HGN yang setiap tahun diadakan oleh SIT Ar Ruhul Jadid dengan mengadakan berbagai kompetisi guru. Karena hal itu bertujuan meningkatkan kompetensi guru yang ada di seluruh unit pendidikan di SIT Ar Ruhul Jadid,” sambungnya.

Pada acara penutupan HGN, panitia memberikan hadiah atau penghargaan kepada setiap guru di SIT Ar Ruhul Jadid sesuai dengan masa pengabdiannya. Pemberian hadiah dari yayasan ini sebagai bentuk terima kasih kepada semua guru yang selama ini telah mendedikasikan dirinya untuk mendidik dengan rasa ikhlas dan tanggungjawab.

Di akhir acara, Ketua Yayasan mengumumkan semua Kepala Sekolah SIT Ar Ruhul Jadid masa bakti 2021-2025 yang terpilih melalui proses panjang, yaitu tes tulis maupun wawancara, serta Diklat Calon Kepala Sekolah. [suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar