Pendidikan & Kesehatan

Guru Ngajar Keliling: Tak Hanya Pelajaran tapi Juga Mendongeng dan Tebak-tebakan

Guru Avan Fathurrahman saat mengajar di rumah murid

Sumenep (beritajatim.com) – Ada banyak cerita dari Avan Fathurrahman (39), guru SDN Batuputih Laok III, Kecamatan Batuputih, Kabupaten Sumenep, yang rela berkeliling mengajar muridnya dari satu rumah ke rumah lain.

“Karena saya ngajarnya di desa, medannya tidak seperti di kota. Rumah anak-anak ini juga tidak semuanya berdekatan. Lebih banyak yang jauh. Kadang tidak bisa ditempuh naik sepeda motor. Harus jalan kaki lewat pematang sawah, lewat jalan yang becek. Tapi saya sangat menikmati kegiatan ini,” tuturnya sambil tersenyum, Senin (20/04/2020).

Ia mengatakan, selama berkeliling mengajar dari satu rumah ke rumah lain, ia menggunakan metode pengajaran yang berbeda dibanding di sekolah. Ia tidak hanya mengajar mata pelajaran, tetapi juga mendongeng, bahkan main tebak-tebakan dengan murid-muridnya.

“Metode itu saya terapkan terutama untuk murid yang masih kecil-kecil. Yang masih kelas 1, kelas 2, atau kelas 3. Jadi saya tidak hanya memberi tugas mata pelajaran, tapi juga bercerita, atau membacakan ensiklopedia. Kadang juga saya ngasih tebakan ke murid,” ujarnya.

Avan Fathurrahman kebetulan juga aktif sebagai pendongeng anak. Ia dikenal dengan nama Kak Avan. Koleksi buku cerita anak miliknya pun cukup lengkap. Buku-buku itu ia pinjamkan pada murid-muridnya.

“Sekarang ini buku-buku saya ada di anak-anak. Nanti kalau saya kembali ke rumahnya, buku-buku itu saya ambil, kemudian saya ajak anak-anak untuk menceritakan kembali apa yang sudah dia baca. Jadi biar anak-anak itu gak bosan di rumah,” ucapnya.

Cerita Fathorrahman mengajar berkeliling dari satu rumah ke rumah lain ia posting di akun facebook (FB) miliknya dengan nama akun ‘Avan Fathurrahman’. Postingan berlebel ‘Ternyata saya belum bisa menjadi guru yang baik’ itupun langsung viral. Setidaknya sudah 11 ribu kali postingan itu dibagikan dan 25 ribu like. [tem/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar