Pendidikan & Kesehatan

Guru, Kunci Penggerak yang Digugu dan Ditiru

Pamekasan (beritajatim.com) – Pendidik atau guru dinilai sebagai salah satu kunci penggerak yang digugu dan ditiru secara langsung oleh para peserta didik, guna menanamkan nilai-nilai mulia di tengah era 4.0 alias era disrupsi seperti saat ini.

Bahkan para pendidik juga dinilai memiliki tugas berat dan tanggung jawab besar untuk mendidik peserta didik di era disrupsi, terlebih para generasi milenial harus berhadapan secara langsung dengan era digital dengan beragam ‘informasi liar’ khususnya di dunia maya.

“Era milenial dengan segala macam kompleksitas seperti saat ini tentunya sangat menguras pikiran, tenaga dan biaya. Hal ini tentunya menjadi tantangan yang harus kita hadapi, apalagi tidak hanya dari satu arah, tetapi banyak arah. Termasuk melalui media sosial,” kata Dewan Pakar Said Abdullah Institute (SAI), Nadi Mulyadi, Rabu (25/11/2020).

Dari itu, peran tugas dan tanggung jawab seorang pendidik justru semakin berat demi mencetak generasi yang luwes dan patriotik. “Kondisi ini harus segera mengimbangi beragam kondisi saat ini melalui pendidikan karakter, sekaligus kami berharap agar kita mampu memanfaatkan medsos dengan cerdas dan baik,” ungkapnya.

“Sehingga dengan demikian, nantinya kita tidak hanya menjadi konsumen sekaligus produsen beragam berita palsu alias hoax, apalagi ujaran kebencian bisa mengarah pada budaya intoleransi. Hal itu yang perlu kita minimalisir dan antisipsi sejak dini,” imbuhnya.

Salah satunya dengan memahami Pancasila dengan tidak hanya sekedar mengetahui sila-sila pada dasar negara, tetapi juga harus dilengkapi dengan sejarah yang diamanahkan oleh pendiri bangsa. “Pada aspek ini tentunya pendidik memiliki tugas berat, karena mereka menjadi salah satu kunci penggerak informasi dan dapat ditiru secara langsung,” tegasnya.

“Maka dari itu, bersamaan dengan momentum sosialisasi 4 pilar kebangsaan ini kita harus mampu membangun secara struktural sikap dan mental anak-anak generasi penerus bangsa,” ajak alumnus Unijoyo Bangkalan, yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris DPC PDI Perjuangan Pamekasan.

Bersamaan dengan momentum Hari Guru Nasional, pihaknya juga berharap agar para pendidik terus memiliki komitmen untuk bersama mencetak generasi milenial dan berkualitas. “Tenaga pendidik merupakan salah satu kunci penggerak informasi yang digugu dan ditiru, sehingga materi 4 pilar kebangsaan sangat penting untuk dipahami secara menyeluruh,” pungkasnya. [pin/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar