Pendidikan & Kesehatan

Gunakan Bangunan Sekolah, Pemkot Madiun Siapkan Tempat Isolasi Terpadu

Wali Kota Madiun Maidi saat mengecek sekolah untuk jadi lokasi isolasi terpadu Rabu (28/7/2021) (foto: Pemkot Madiun for beritajatim.com)

Madiun (beritajatim.com) – Sebanyak enam bangunan SD dan SMP Negeri di Kota Madiun tengah disiapkan untuk tempat isolasi terpadu (isoter) pasien Covid-19. Rencananya, Wali Kota Maidi bakal menggunakan 12 bangunan sekolah baru yang ada di sekitar puskesmas untuk dijadikan tempat isoter.

“Ada 12 bangunan sekolah. Tapi kita siapkan enam dulu. Harapannya orang positif Covid-19 terpantau,” ungkap wali kota seusai melakukan peninjauan ke SDN 01 Winongo dan SDN 02 Tawangrejo, Rabu (28/7/2021).

Nantinya, keenam bangunan sekolah itu akan dijadikan sebagai tempat untuk merawat pasien kategori OTG. Sehingga diharapkan tidak ada lagi warga yang menjalani isolasi mandiri di rumah. Bangunan sekolah yang disiapkan juga dilengkapi dengan berbagai sarana prasarana penunjang perawatan pasien.

“Insyaallah tempat ini nanti bed segala macam kita sediakan dulu. Kamar mandi lengkap semua. Ditunggu 6 perawat yang akan memantau, makanan, vitamin dan oksigen disiapkan disini,” ucapnya.

Lewat tempat isolasi terpadu juga, tenaga kesehatan dimudahkan, karena tidak bolak-balik memantau satu-satu ke rumah warga yang tengah menjalani isolasi mandiri di rumah.

‘’Masing-masing bangunan sekolah yang dijadikan pilot project bakal menyediakan 10 ruang kelas untuk tempat isoter. Per kelasnya bisa menampung 100 tempat tidur (TT). Untuk bed, dicukupi seluruhnya oleh pemkot, ‘’ terang Maidi. [fiq/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar