Pendidikan & Kesehatan

Gugus Tugas Jatim: 46 Tenaga Kesehatan Terpapar Corona, 19 Sembuh, 1 Meninggal

Surabaya (beritajatim.com) – Ketua Rumpun Tracing Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Jatim, dr Kohar Hari Santoso menyatakan turut berduka cita atas meninggalnya seorang supervisor perawat RS Siloam Surabaya pada Kamis (16/4/2020) hari ini.

“Total ada 46 tenaga kesehatan di Jatim yang positif virus corona atau Covid-19. Dari jumlah itu, 19 tenaga kesehatan di antaranya telah dinyatakan sembuh, satu orang meninggal dunia dan 26 sisanya masih dalam perawatan. Mereka yang terjangkit ini ada beberapa yang tidak bersentuhan langsung dengan pasien Covid-19,” katanya kepada wartawan di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Kamis (16/4/2020) malam.

Sebanyak 46 tenaga kesehatan di Jatim yang terpapar Covid-19 itu terdiri dari satu orang apoteker, 16 orang dokter, dua orang laborat dan 27 orang perawat.

Ketua Rumpun Kuratif Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Jatim, dr Joni Wahyuhadi menambahkan, beberapa dari tenaga kesehatan yang terpapar, adalah mereka yang tidak merawat langsung pasien positif Covid-19. Seperti halnya tenaga kesehatan yang meninggal, yang berasal dari RS. Siloam Surabaya.

Tenaga kesehatan yang meninggal tersebut, kata Joni, merupakan supervisor perawat yang tugasnya sebagai pengawas utama para perawat. “Kami mengucapkan ikut berbela sungkawa. Itu tenaga kesehatan yang meninggal seorang supervisor perawat yang tugasnya mensupervisi,” tuturnya.

Joni juga mengungkapkan, beberapa tenaga kesehatan yang terpapar karena tidak tahu pasien yang dirawatnya tersebut telah terpapar Covid-19.

“Seperti contoh, ada dokter praktik yang kedatangan pasien, namun tidak tahu bahwa pasien tersebut terpapar Covid-19. Ini karena pasien datang dalam keadaan sehat. Jadi, artinya apa, artinya orang tanpa gejala atau OTG itu sangat banyak sekali,” pungkasnya. [tok/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar