Pendidikan & Kesehatan

Gubernur Khofifah Tinjau Pelayanan Vaksinasi Covid-19 di Madiun

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat meninjau pelayanan vaksinasi di Puskesmas Oro-oro Ombo, Kota Madiun, Rabu (3/2/2021). [Foto/Ade Mas Satrio Gunawan]

Madiun (beritajatim.com) – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meninjau pelayanan vaksinasi Covid-19 di Madiun. Hal itu dilaukan untuk melihat bagaimana proses pelayanan vaksinasi Covid-19 tersebut.

“Untuk memastikan vaksinasi di kabupaten dan kota di Jawa Timur dapat berjalan dengan lancar,” kata Gubenur Jatim saat meninjau pelayanan vaksinasi di Puskesmas Oro-Oro Ombo Kota Madiun, Rabu (3/2/2021).

Terdapat dua titik yang ditinjau, yaitu Puskesmas Mojopurno Kabupaten Madiun dan Puskesmas Oro-Oro Ombo Kota Madiun. Seusai meninjau, Khofifah mengatakan, setiap fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) yang melakukan vaksinasi pasti ada vaksinator.

Vaksinnya juga mendapatkan support dari pemerintah pusat. “Dari pemerintah pusat ini sudah ada peruntukannya. Setiap tahapan vaksin yang masuk didistribusikan sesuai dengan data yang diterima Kementerian Kesehatan,” jelas Khofifah.

Dari evaluasi kunjungan di beberapa fasyankes di Gresik, Sidoarjo, Mojokerto, dan Madiun, semuanya berjalan aman. Harapannya tidak ada kasus Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI). “Alhamdulillah sampai hari ini kita belum menemukan dampak KIPI yang serius,” ujar orang nomor satu di Jawa Timur ini.

Sementara itu, Wali Kota Madiun Maidi mengatakan, realisasi vaksinasi Covid-19 tahap pertama untuk tenaga kesehatan di Kota Madiun hingga Selasa (2/2/2021) sudah mencapai 73 persen. Artinya lebih 2.900 nakes yang sudah menjalani vaksinasi.

“Total 3.981 nakes yang telah mengisi kesanggupan dan registrasi bersedia. Dari jumlah itu, 2.900 nakes sudah divaksin di fasilitas pelayanan kesehatan yang ditunjuk. Di Kota Madiun semua tepat waktu, realisasinya sudah 73 persen. Artinya sudah sesuai progres,” tutup Maidi. [asg/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar