Pendidikan & Kesehatan

Gubernur Khofifah Ingatkan Banyuwangi: Warga Selamat, Ekonomi Selamat

Banyuwangi (beritajatim.com) – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur datang ke Kabupaten Banyuwangi. Pada kesempatan ini, Khofifah menyempatkan keliling kota dengan bersepeda sembari mengingatkan protokol kesehatan Covid 19.

“Saya selalu kangen Banyuwangi, menyenangkan di sini. Harusnya bisa dipake tagline Banyuwangi Ngangeni,” kata Khofifah di sela Gowes yang dinamakan sambang Banyuwangi itu.

Secara khusus, Khofifah menyampaikan, gowesnya kali ini bertujuan untuk mendorong pemulihan ekonomi.

“Ini adalah gowes pemulihan ekonomi. Maka dari itu, kami juga mengajak pejabat di bidang ekonomi dan para pimpinan bank. Ini menjadi suatu kunci keberseiringan antara menggerakkan ekonomi dan mengendalikan penyebaran Covid-19,” kata Khofifah.

Benar saja, selama gowes rombongan mengunjungi sejumlah titik. Mulai dari pasar tradisional, gerai UMKM, hingga melakukan talkshow di salah satu stasiun radio swasta di Banyuwangi. Dalam kesempatan itu, Khofifah juga menyerahkan sejumlah bantuan kepada masyarakat.

“Dalam menghadapi situasi sulit ini, sinergi adalah kebutuhan. Kami pun menggandeng seluruh stakeholder terkait untuk bersama-sama memulihkan ekonomi warga jatim,” ujar Khofifah.

Khofifah menambahkan, untuk pemulihan ekonomi warga, pemerintah pusat maupun Pemprov sudah memberikan berbagai stimulus. Baik BLT, BPNT, Bantuan Subsidi Upah, hingga Banpres-PUM kepada usaha mikro.

Tidak hanya itu, stimulus perbankan seperti kemudahan pengajuan kredit dan relaksasi kredit juga bertujuan untuk membantu dan mengurangi dampak Covid-19 yang menjadi beban masyarakat di situasi sulit ini.

“Semoga ini bisa meringankan beban masyarakat di Jawa Timur,” kata Khofifah.

Dalam kesempatan itu, diserahkan sejumlah bantuan kepada warga. Antara lain Sertifikat Program Strategis Nasional instansi pemerintah dan lembaga keagamaan sebanyak 12 ribu lebih bidang, BLT Dana Desa, dan BKK pemberdayaan BUMDes masing-masing sebesar Rp. 50 juta.

Khofifah juga menyerahkan bantuan pemulihan ekonomi nasional (PEN) dari sejumlah bank pemerintah. Ada juga bantuan BPUM senilai Rp. 9,6 juta dari Bank Himbara. Bantuan one pesantren one produk untuk 2 kopontren. Hingga sertifikat penjaminan kredit mikro dan bantuan usaha dari Jamkrida senilai Rp. 1,06 miliar, serta banyak bantuan lainnya.

“Banyuwangi ini pariwisatanya sudah mulai jalan. Ekonominya juga sudah mulai bergerak. Saya pesan agar warganya selamet, ekonominya jug selamet. Wes pokoknya itu, bisa diterjemahkan sendiri-sendiri,” katanya.

Sementara itu, Bupati Abdullah Azwar Anas berterima kasih kepada Khofifah yang terus membantu pembangunan di Banyuwangi.

“Komitmen Ibu Gubernur untuk seluruh kabupaten/kota, termasuk Banyuwangi, sangat total. Beliau keliling Jatim, hadir di tengah warga, mendorong pemulihan ekonomi dan menyemangati rakyat untuk bangkit di masa pandemi. Kehadiran Bu Khofifah sangat berarti bagi Banyuwangi,” kata Anas. [rin/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar