Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Gubernur Jatim: Stunting Sangat Dipengaruhi Gaya Hidup Masyarakat

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa memborong produk olahan dari ikan di Pantai Slopeng Sumenep (foto : Temmy)

Sumenep (beritajatim.com) – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa saat menghadiri kegiatan Pelayaran Kebangsaan dan Bahari serta bakti sosial di Pantai Slopeng, Sumenep, pada Rabu (22/06/2022). Kegiatan tersebut digagas Koarmada II TNI AL bersinergi dengan Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) UNAIR, FKG Universitas Hang Tuah serta Baznas.

Salah satu yang menjadi perhatian dalam bakti sosial tersebut adalah edukasi pencegahan stunting. Sosialisasi pada masyarakat dinilai sebagai salah satu upaya mengurangi stunting.

“Stunting sangat dipengaruhi oleh ‘life style’ atau gaya hidup masyarakat. Di daerah pantai seperti Slopeng ini, ikan menjadi bahan makanan yang mudah ditemukan. Jadi seharusnya, masyarakat disini akan lebih mudah mendapatkan sumber gizi dari ikan,” katanya.

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa memborong produk olahan dari ikan di Pantai Slopeng Sumenep (foto : Temmy)

Khofifah meminta apabila ada akses sumber makanan sehat seperti ikan laut, maka yang diprioritaskan sebagai konsumennya adalah ibu hamil dan balita.

“Ini penting untuk mencegah stunting sejak dalam kandungan. Anak-anak perlu banyak makan ikan, agar tercukupi sumber gizinya. Kalau sehat jasmaninya, maka akan sehat pula pola pikirnya,” ucap Khofifah.

Lebih lanjut, Khofifah.mengatakan, Pemprov Jawa Timur bersama Baznas hadir seiring sinergi yang telah terbentuk kuat dari Koarmada II, Universitas Hang Tuah dan Universitas Airlangga Surabaya.

“Saya rasa Baznas memberikan bantuan cukup substantif utamanya untuk memitigasi stunting di Sumenep ini. Ibaratnya ini menabuh genderang untuk menurunkan angka stunting,” tegasnya.

Dalam kegiatan sosial tersebut, juga dilakukan penyerahan 1.000 paket sembako dari Baznas RI, yang secara simbolis diberikan pada 10 penerima yakni keluarga resiko Stunting. Selain itu juga diserahkan secara simbolis, 10 paket makanan tambahan kepada ibu hamil dan bayi dari total 1000 penerima. [tem/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar