Pendidikan & Kesehatan

Gresik Siapkan 140 Relawan Vaksinator

Gresik (beritajatim.com) – Untuk percepatan vaksinasi di Gresik menuju herd imunity 70 persen, sebanyak 140 relawan vaksinator telah disiapkan. Sebelum terjun ke lapangan, vaksinator tersebut diberi pelatihan selama dua hari.

Relawan vaksinator yang terdiri dari para dokter spesialis, dokter umum, bidan, ahli gizi, apoteker serta mahasiswa kesehatan semester akhir siap ditugaskan untuk membantu percepatan vaksinasi.

“Kami sangat menghargai dan berterimakasih sekali kepada para relawan yang telah bersedia mengabdikan diri untuk masyarakat yang membutuhkan. Hal ini akan menjadi kebanggaan anda sebagai generasi milenial,” ujar Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani (Gus Yani), Selasa (27/07/2021).

Menurut Gus Yani, pelatihan vaksinator ini sebagai langkah persiapan vaksinasi massal yang diperkirakan terjadi mulai Agustus 2021 bulan depan. Pasalnya, bulan Agustus dan September 2021 akan ada droping vaksin dalam jumlah besar dari pemerintah pusat. Karena itu, pihaknya sudah mempersiapkan tenaga, sarana dan prasarana untuk vaksinasi massal.

“Setelah vaksinasi massal ini, maka 70 persen masyarakat Gresik sudah melaksanakan vaksinasi, agar herd imunity bisa dicapai di Gresik. Kami juga bangga terhadap masyarakat Gresik karena animonya sangat tinggi untuk mengikuti vaksinasi. Bahkan beberapa saat sampai kehabisan vaksin,” paparnya.

Agar pemerataan vaksinasi di Gresik merata, Gus Yani menyiapkan agenda gerebeg vaksin di beberapa lokasi wisata desa di Gresik. Ada 4 tempat wisata yang menyatakan bersedia untuk melaksanakan kegiatan gerebeg vaksin yaitu Wisata Lontar Sewu di Kecamatan Menganti, Wisata Gosari (Wagos) dan Wisata Setigi keduanya ada di Kecamatan Ujungpangkah, dan wisata Pantai Delegan di kecamatan Panceng.

“Nantinya tempat wisata ini untuk kegiatan gerebeg vaksin untuk pemerataan vaksinasi diseluruh wilayah Gresik Utara, Tengah dan Selatan. Mumpung ada PPKM sehingga tempat wisata tersebut tutup dan dimanfaatkan untuk kebaikan bersama” kata Gus Yani dihadapan para pengelolah wisata,” ungkapnya.

Selain Gerebeg vaksin, pada Sabtu besok Pemkab Gresik bekerjasama dengan Ikatan Alumni Universitas Airlangga (Ika Unair) Surabaya akan mengadakan vaksinasi massal di Lokasi wisata Lontar Sewu. Pada kegiatan tersebut, Pemkab Gresik akan mengerahkan masyarakat sekitar lokasi melalui para Camat dan Kepala Desa untuk menjadi peserta vaksinasi.

Bantuan 10 ribu dosis vaksin dari Ika Unair. Selain dari bantuan tersebut, juga diupayakan untuk mendapatkan vaksin yang sangat dibutuhkan masyarakat Gresik.

Tidak hanya lokasi wisata, vaksinasi juga dilakukan di Balai Desa. “Saat ada droping massa vaksin, kami akan melaksanakan vaksin di Balai Desa maupun seluruh Puskesmas. Untuk kegiatan ini, kami sudah menyiapkan para tenaga vaksinator yang saat ini tengah mengikuti pelatihan. [dny/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar