Pendidikan & Kesehatan

Gresik Dapat Jatah 20 Ribu Vaksin Sinovac

Foto ilustrasi

Gresik (beritajatim.com) – Distribusi vaksin sinovac sudah sampai di Provinsi Jawa Timur hari Senin (4/1) kemarin. Terkait dengan itu, Dinas Kesehatan (Dinkes) Gresik masih menunggu koordinasi dari Pemprov Jatim mengenai pendistribusiannya. Kabupaten Gresik sendiri akan mendapat jatah sekitar 10-20 ribu dosis vaksin.

Sesuai jadwalnya vaksinasi ini memang dimajukan. Sebelumnya secara ceremonial vaksinasi pertama diperuntukkan kepada
Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang direncanakan tanggal 22 Januari 2021. Namun, kenyataannya maju menjadi 13 Januari 2021. Untuk vaksinasi di Gresik akan dimulai 14 Januari 2021.

Sebagai bentuk persiapannya, baru logistik penunjang vaksinasi yang sudah sampai di Gresik. Sementara untuk vaksinnya masih menunggu Pemprov Jatim.

Kepala Dinkes (Dinkes) Gresik drg Syaifuddin Ghozali mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan tempat untuk menampung vaksin tersebut. Yakni di posko vaksinasi covid terpadu (PVCT) di Puskesmas Alun-alun. Namun, untuk faskes yang sudah siap melakukan vaksinasi ada 55 faskes.

“Mengenai penyimpanannya hanya di satu tempat. Tapi ada 55 faskes yang sudah siap baik sarana prasarana maupun SDM-nya,” katanya, Selasa (5/01/2021).

Mantan Kepala Puskesmas Bungah itu menyebut, untuk tahap pertama ini sasarannya meliputi tenaga kesehatan (Nakes). Selanjutnya, TNI/Polri. Untuk nakes di Gresik jumlahnya sekitar 7.000 orang.

“Kami mendapat jatah sekitar 10-20 ribu vaksin. Jumlah itu tidak langsung datang sekali, tapi bertahap,” tutur Ghozali.

Saat ditanya siapa yang akan disuntik vaksin sinovak pertama. Hingga saat ini, Dinkes Gresik belum menerima usulan siapa yang akan disuntik pertama. Namun, vaksinasi pertama di Gresik nanti secara simbolis akan dilakukan oleh Forkopimda di halaman Kantor Bupati. “Kemungkinan yang pertama ya Forkopimda,” ungkap Ghozali.

Setelah vaksinasi tahap pertama selesai, tahap berikutnya akan menyasar masyarakat umum. Setidaknya 70 persen masyarakat Gresik akan disuntik vaksin. Yakni sekitar 910 ribu warga ber-KTP Gresik yang berusia 15-49 tahun. [dny/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar