Pendidikan & Kesehatan

Gratis, Butuh Oksigen Datang ke Pangkalan TNI AL Banyuwangi Saja

Banyuwangi (beritajatim.com) – Pangkalan TNI AL Banyuwangi membuka tempat pengisian oksigen bagi warga. Peruntukan oksigen ini diberikan cuma-cuma alias gratis untuk semua warga.

Setiap warga yang datang cukup membawa tabung oksigen dan menunjukkan identitas diri untuk pendataan. Kemudian, menunjukkan bukti tes kesehatan positif Covid-19 atau sedang menjalani perawatan.

“Jadi giat ini bermula dari melihat kondisi Covid 19 dari awal PPKM darurat bulan Juli itu meningkat. Termasuk kebutuhan oksigen di Banyuwangi juga ikut meningkat, biasanya normal itu 70 tabung perhari tapi kali ini bisa mencapai 500 tabung lebih,” kata Komandan Pangkalan TNI AL Banyuwangi, Letkol Laut (p) Eros Wasis, Selasa (3/8/2021).

Kondisi itu, kata Eros, membuat TNI AL Banyuwangi berinisiatif untuk membantu setidaknya dapat mengurai kegelisahan warga yang kesulitan mendapatkan pasokan oksigen. Bahkan pelayanan pengisian oksigen gratis ini dibuka selama 24 jam bertempat di Mako Pangkalan TNI AL Banyuwangi.

“Kami prihatin karena banyak warga yang kesulitan mencari oksigen kemana-mana tidak dapat. Sehingga kami bekerja sama dengan PT Samator untuk pengadaan tabung oksigen dan isinya ini,” terangnya.

Untuk tahap awal, kata Eros, menyesuaikan kebutuhan yang ada. Pasalnya, pasokan dari produsen oksigen juga mendesak untuk wilayah lain. “Hari ini masih ada 5-7 tabung, ada beberapa yang masuk kita dukung dengan cara transfer secara sederhana,” katanya.

Pihaknya juga memastikan, oksigen yang dibagikan memang khusus untuk warga yang benar-benar membutuhkan. Hal itu ditunjukkan dengan bukti pernyataan yang dibawa oleh warga yang akan mengisi oksigen di tempat ini. “Ini benar-benar langsung ke masyarakat atau kepada orang yang sangat membutuhkan, artinya orang yang isoman bukan untuk komersil atau rumah sakit,” tegasnya.

Personel TNI AL Banyuwangi menyerahkan tabung berisi oksigen ke salah seorang warga.

Sementara itu, Iskandar salah seorang warga menyambut baik inisiatif Pangkalan TNI AL Banyuwangi yang membuka pengisian oksigen gratis ini. Dia menyebut, adanya pengisian itu membuat warga mudah mencari pasokan oksigen.

“Kemarin itu mencari oksigen itu memang sulit, hingga akhirnya kami dapat informasi di sini (Lanal Banyuwangi) ada pengisian oksigen lalu kami kesini,” katanya.

Dia juga menjelaskan mengenai prosedur yang dilalui untuk mendapatkan oksigen tersebut. Iskandar menilai caranya cukup mudah dan tidak berbelit-belit. Oksigen yang dibawanya untuk keperluan keluarganya yang sedang menjalani isolasi mandiri. “Cukup menyerahkan KTP, dan mengisi pernyataan lalu tabung diisi, dan gratis. Terima kasih TNI AL,” pungkasnya. (rin/kun)


Apa Reaksi Anda?

Komentar