Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Giliran Tunawisma Banyuwangi Dapat Suntikan Vaksin

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani bersama Kapolresta Banyuwangi AKBP Nasrun Pasaribu beserta jajaran Forpimda meninjau pelaksanaan vaksinasi tunawisma di Mapolresta Banyuwangi. (rindi)

Banyuwangi (beritajatim.com) – Banyuwangi terus melakukan percepatan vaksinasi. Sasaran vaksinasi Covid-19 terus diperluas. Polresta bersama Pemkab Banyuwangi melakukan Vaksinasi Covid-19 untuk tunawisma.

Kapolresta Banyuwangi AKBP Nasrun Pasaribu mengatakan, Sasaran vaksinasi sengaja menyasar kalangan tunawisma yang selama ini belum terfasilitasi vaksinasi. “Ini upaya kita agar seluruh lapisan masyarakat bisa memperoleh vaksinasi Covid-19 untuk memperkuat imun tubuhnya. Mulai dari kalangan muda, dewasa, lansia, disabilitas, termasuk tunawisma,” kata Kapolresta.

Total ada 29 orang tunawisma yang difasilitasi Polresta Banyuwangi untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19. Saat ini pihaknya masih terus mencari tunawisma di Banyuwangi. “Ini terus kita lakukan pendataan. Bisa sampai 300-an lebih yang akan kita sasar. Nanti akan kita datangi langsung ke di mana mereka tinggal,” katanya.

Selain itu, kata Kapolresta, pihaknya juga menyalurkan bantuan kepada para tunawisma tersebut. “Kita juga salurkan sembako untuk sedikit meringankan beban hidup mereka,” imbuhnya.

Sementara Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani mengapresiasi vaksinasi yang digelar oleh Polresta Banyuwangi. “Kami sampaikan terima kasih, karena memang dibutuhkan gotong royong oleh semua pihak untuk menghadapi Covid-19 ini,” ungkapnya.

Sejauh ini, kata Ipuk, berdasar data dari Dinas Kesehatan menunjukkan vaksinasi dosis pertama di Banyuwangi sudah mencapai 673.689 orang atau setara 50,27 persen dari target sasaran vaksinasi sebanyak 1.340.222 orang.

Sementara vaksinasi untuk kelompok lansia dosis pertama mencapai 92.723 atau sekitar 46,88 persen.

“Untuk itu Satgas Covid-19 terus menggeber vaksinasi sampai akhirnya minimal 70 persen warga Banyuwangi sudah tervaksin semua. Sampai ini tercapai, kita mohon kepada masyarakat agar tetap menjaga protokol kesehatan dengan disiplin,” tegasnya.

Ipuk mengatakan masih banyak kelompok sasaran vaksinasi yang belum tuntas. Belum seluruhnya ter-cover vaksinasi. “Kami baru saja dapat dropping (vaksin) lagi dari provinsi kita akan habiskan dalam waktu seminggu ini,” ungkapnya.

Dia optimis dengan program vaksinasi 250 orang per hari pada 45 Puskesmas ini pelaksanaan vaksinasi bisa terus digenjot. Bahkan, jika Banyuwangi mendapatkan dropping vaksin lagi target vaksinasi harian untuk Puskesmas akan ditingkatkan lagi. “Kalau vaksin datang lagi kita akan tambahkan lagi mungkin satu puskesmas bisa 500 vaksin per hari. Kita sesuaikan dengan ketersediaan vaksin yang ada,” katanya. (rin/kun)


Apa Reaksi Anda?

Komentar