Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Genjot di Tingkat Desa, Vaksinasi di Kabupaten Pasuruan Capai 34 Persen

Pasuruan (beritajatim.com) – Terus melakukan peningkatan capaian vaksinasi, Pemkab Pasuruan genjot percepatan vaksin. Melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pasuruan Anang Saiful Wijaya mengatakan, lima hari ke depan, 365 desa akan menggelar vaksinasi secara serentak di masing – masing balai desa.

Anang mengatakan, Pemkab Pasuruan baru saja mendapatkan alokasi vaksin tambahan dari Kemenkes sebanyak 143 ribu. Selanjutnya akan didistribusikan ke pemerintah desa masing-masing.

“Lima hari ke depan, vaksinasi digelar di balai desa di Kabupaten Pasuruan. Mudah-mudahan ini bermanfaat dan bisa mempercepat capaian vaksinasi di Kabupaten Pasuruan,” katanya, Jumat (22/10/2021).

Dia menyampaikan, vaksinasi di Kabupaten Pasuruan baru menyentuh angka 36,45 persen. Itu jika dihitung dari vaksin yang diberikan oleh Pemkab Pasuruan dan dilaksanakan di Kabupaten Pasuruan.

Namun, jika dihitung dari NIK, Kabupaten Pasuruan sudah mencapai angka 45 persen. Ada beberapa masyarakat yang berKTP Pasuruan tapi tidak tinggal di Pasuruan dan mereka sudah divaksin.

“Apapun itu, kami sedang fokus dan berusaha secara maksimal agar capaian vaksinasi bisa segera terpenuhi. Ini sedang kami upayakan, bersama Bupati Pasuruan,” tandas dia.

Disampaikannya, Bupati akan terus kirim surat permohonan untuk percepatan distribusi vaksin ke Kabupaten Pasuruan. Menurutnya, yang menjadi kendala lemahnya vaksinasi karena distribusi vaksinnya tidak maksimal.

“Itu yang menjadi kendala. Kalau kesadaran masyarakat untuk vaksin sudah tinggi sekali. Bahkan, vaksin sudah menjadi kebutuhan masyarakat dan selalu dikejar – kejar,” paparnya.

Ia berharap, 143 ribu vaksin kemarin bisa habis selama lima hari ke depan. Harapannya, ketika habis, ada perhatian lebih dari pemerintah pusat untuk bisa segera distribusi vaksin tambahan lainnya.

“Jadi bisa running percepatan vaksinnya. Harapan kami, jika distribusi vaksin bisa lancar, Kabupaten Pasuruan bisa mencapai 70 persen capaian vaksinnya di akhir tahun nanti,” jelasnya.

Sementara itu, berdasarkan pantauan di lapangan, vaksinasi di Desa Kepulungan berjalan lancar dan tertib. Antusias masyarakat untuk vaksinasi sangat tinggi sekali. Semuanya juga menjalankan prokes ketat.

Kades Kepulungan Didik Hartono mengatakan, capaian vaksinasi di desanya sudah 45 persen. Dari 9 ribu penduduk di Desa Kepulungan, sudah 3 ribu penduduk yang mendapatkan vaksin.

“Masyarakat antusiasnya untuk vaksin sangat tinggi. Bahkan, mereka aktif ikut vaksin di tempat lain seperti Mojokerto dan Probolinggo. Ini saya apresiasi,dan harapannya pemerintah bisa mempercepat distribusi vaksinasi,” pungkas dia. [ada/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar