Pendidikan & Kesehatan

Gendong ‘Gerakan Mendongeng’, Menggendong Anak secara Virtual

Surabaya (beritajatim.com) – Adanya pandemi Covid-19 membuat sebagian kegiatan dilakukan secara virtual (online). Perubahan kegiatan ini pun turut dirasakan oleh beberapa komunitas masyarakat, salah satunya komunitas Gerakan Mendongeng Indonesia atau biasa disebut Gendong.

Lahir pada 5 Agustus 2015, komunitas Gendong bertekad untuk mengembalikan kegiatan dongeng ke dalam rumah. Sesuai dengan namanya, Gendong mengharapkan setiap orang tua untuk terbiasa mendongeng kepada si anak agar kreativitas dan imajinasi anak terus tumbuh.

Terdiri atas 8 pengurus dan menggandeng lebih dari 15 relawan, komunitas yang lahir di kota Malang ini tetap berkembang untuk mewadahi siapa saja yang ingin menjadi bagian dari dunia bercerita anak-anak.

Dengan tetap bertujuan mendukung proses tumbuh-kembang anak melalui dongeng, Gendong mengolah rutinitas kegiatannya saat ini ke dalam media online. Melalui metode Read Aloud, teman-teman yang tergabung dalam Gendong membacakan satu buah buku cerita dengan durasi sekitar 10 sampai 15 menit.

Terhitung sudah tujuh kegiatan dongeng-online yang berhasil digarap oleh komunitas Gendong secara live di akun instagramnya.

Indah Rahayuning Tyas sebagai ketua komunitas Gendong mengungkap bahwa kegiatan serba online ini memang memberikan keterbatasan, salah satunya tidak bisa berkumpul dan tertawa bersama.

“Meskipun begitu, adanya pandemi ini mengajarkan tentang kembali ke rumah. Bolehlah sesekali ayah atau bunda atau kakak atau siapa pun untuk kembali bercerita pada adik kecil di rumah. Ya karena sebenarnya cerita terbaik itu berasal dari lingkungan rumah,” tambah wanita yang akrab disapa dengan Kak Tyas itu, Senin (10/08/2020).

Di sisi lain, kegiatan yang rencananya akan digarap seperti tahun lalu yaitu Festival Dongeng dengan mengundang pendongeng kelas nasional, terpaksa harus ditiadakan akibat masa pandemi ini. Sebagai gantinya, komunitas Gendong sedang mempersiapkan kegiatan dongeng online bertajuk hari kemerdekaan Indonesia yang juga akan diperingati dalam waktu dekat ini. [but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar