Pendidikan & Kesehatan

Gelombang Pemudik dari Luar Negeri Tiba di Pamekasan

Pamekasan (beritajatim.com) – Gelombang pemudik dari luar negeri mulai berdatangan ke sejumlah wilayah di kabupaten Pamekasan, khususnya di tengah maraknya wabah virus corona alias Covid-19 pada beberapa hari terakhir.

Bahkan para pemudik yang berstatus sebagai Tenaga Kerja Indonesia (TKI) tersebut, juga harus menjalani proses screening berlapis sejak tiba di Indonesia. Termasuk saat tiba di Terminal Ronggosukowati Pamekasan.

“Untuk TKI yang datang pada Rabu (15/4/2020) malam, terdata sebanyak 33 orang. Sehari berikutnya ada tambahan dan terdata sebanyak 13 orang, termasuk kedatangan para TKI pada Kamis (16/4/2020) malam,” kata Anggota Satgas Covid-19 Pamekasan, Sigit Priyono, Jum’at (17/4/2020).

Kedatangan para TKI tersebut mendapat pantauan ketat dari Tim Satgas Covid-19 Pamekasan. “Prinsipnya mereka sudah melalui screening berlapis, mulai kedatangan di Bandara Kualanamu Medan, mereka juga menjalani karantina selama 14 hari,” ungkapnya.

“Sejak beberapa hari terakhir, kami juga sudah melakukan komunikasi dan koordinasi bersama Tim Satgas Covid-19 Kecamatan dan desa, guna dilakukan Pemantauan dan isolasi mandiri selama 14 hari kedepan. Hal itu sesuai dengan protap kesehatan,” jelasnya.

Lebih lanjut ditegaskan, pihaknya juga melakukan koordinasi intens bersama Satgas Kecamatan dan Desa untuk dilakukan pemantauan intensif. “Untuk sementara informasi yang kami terima, mereka sudah menjalani rapid tes yang dilakukan Tim Satgas Provinsi Jatim di Surabaya, khususnya pasca kedatangan mereka di Juanda,” tegasnya.

Berdasar update terakhir peta sebaran Covid-19 Pamekasan, terdata sebanyak lima orang di Pamekasan dinyatakan positif terinfeksi wabah virus corona. Dari lima orang tersebut, keempatnya tengah menjalani perawatan intensif di RSUD dr Slamet Martodirdjo Pamekasan, sementara satu pasien lainnya meninggal dunia, beberapa waktu lalu.

Berdasar peta sebaran sebaran wabah Covid-19 Pamekasan, terdata empat dari total 13 kecamatan berbeda di Pamekasan masuk status merah penyebaran wabah virus corona. Empat kecamatan tersebut yakni Kecamatan Galis, Larangan, Pademawu dan Proppo. [pin/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar