Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Gelar Rukyatul Hilal dan Edukasi Mahasiswa, Inilah Target Unisla

Kegiatan Rukyatul Hilal yang digelar Universitas Islam Lamongan (Unisla), di Kampus II Paciran, Minggu sore (1/5/2022).

Lamongan (beritajatim.com) – Universitas Islam Lamongan (Unisla) menggelar kegiatan Rukyatul Hilal sebagai penentuan awal bulan Syawal atau Idulfitri 1443 H. Dari kegiatan yang bertempat di Kampus II UNISLA Paciran ini, Tim Unisla berhasil melihat hilal, Minggu sore (1/5/2022).

Selain untuk mengetahui penentuan awal bulan Syawal, kegiatan ini juga bertujuan sebagai media edukasi bagi mahasiswa Unisla tentang ilmu Astronomi, teodolit dan pemahama ilmu Falaq.

Hal tersebut seperti yang dikatakan oleh Dekan Fakultas Teknik Unisla Arif Budi Laksono. Menurutnya agenda rukyatul hilal ini kegiatan baru yang digagas oleh Rektor Unisla, Bambang Eko Muljono dan baru terealisasi pada tahun ini.

Kegiatan Rukyatul Hilal yang digelar Universitas Islam Lamongan (Unisla), di Kampus II Paciran, Minggu sore (1/5/2022).

“Sebenarnya agenda ini kegiatan yang telah digagas oleh Rektor Unisla sebelumnya. Alhamdulillah bisa terlaksana di tahun ini. Dilaksanakan di Kampus II Unisla Paciran karena di sini tempatnya sangat representatif,” ujar Arif kepada wartawan, Minggu (1/5/2022).

Sementara itu, Dekan Fakultas Agama Islam (FAI) Victor Imaduddin Ahmad menyampaikan terimakasih atas kesempatan yang diberikan oleh Unisla kepada pihaknya.

Kegiatan Rukyatul Hilal yang digelar Universitas Islam Lamongan (Unisla), di Kampus II Paciran, Minggu sore (1/5/2022).

Victor menambahkan, jika sebelumnya pihak Unisla juga telah menggelar serangkaian pelatihan sebagai kesiapan untuk meningkatkan kemampuan dalam rukyatul hilal yang difasilitasi oleh Tim Badan Hisab Rukyat, Kemenag Lamongan.

“Tadi sempat hujan, tapi Alhamdulillah awannya kian memudar. Hilal terlihat pada pukul 17.28 WIB, di atas ketentuan 3 derajat. Jadi Insya Allah, awal bulan Syawal 1443 H jatuh pada Senin (2/4/2022) besok,” terangnya.

Ke depan, Victor menjelaskan, jika Unisla akan menggelar agenda ini secara rutin. Ia juga menyebut, Unisla memiliki target untuk meningkatkan fasilitas rukyatnya, sehingga nantinya akan menjadi salah satu rujukan lokasi rukyatul hilal di Lamongan.

“Target kami ke depan, Unisla akan melengkapi sejumlah fasilitas untuk rukyat, seperti observatorium, teropong yang lebih canggih dan otomatis dan perlengkapan lainnya. Sehingga tidak hanya memahami soal hilal, namun juga soal tata bintang dan lain-lain. Semoga kegiatan ini barokah dan bermanfaat bagi kita semua, khususnya sebagai edukasi bagi para mahasiswa Unisla,” paparnya. [riq/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar