Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Gandeng KPU, Dinas P dan K Kota Mojokerto Gelar Sosialisasi Calon Pemilih Pemula

Sosialisasi Calon Pemilih Pemula di SMPN 2 Kota Mojokerto.

Mojokerto (beritajatim.com) – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P dan K) Kota Mojokerto menggelar Sosialisasi Calon Pemilih Pemula untuk pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP), Kamis (24/3/2022). Sosialisasi yang diikuti 80 siswa dari perwakilan pelajar SMP di Kota Mojokerto tersebut menggandeng Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Sosialisasi digelar di SMPN 2 Kota Mojokerto tersebut dengan moderator wartawan televisi lokal, Aminudin dan Ketua KPU Kota Mojokerto, Saiful Amin sebagai narasumber. Dalam sosialisasi tersebut, peserta yang merupakan siswa kelas 9 tersebut diberikan bagaimana cara menggunakan suaranya dalam pelaksanaan Pilkada.

“Sudah bisa dihitung dari sekarang, mereka sudah masuk daftar pemilih. Ini peserta usianya, 15-16 tahun jadi pas Pemilu 2024 mendatang, mereka sudah menjadi pemilih pemula. Februari 2024 Pemilu serentak, November 2024 Pilwali. Jadi 2024 nanti, mereka sudah 17 tahun,” ungkapnya.

Masih kata mantan wartawan televisi nasional ini, meskipun di hari H pencoblosan berusia 17 tahun, mereka sudah layak jadi pemilih pemula. Menurutnya, tanggal kelahiran di tahun 2024 tersebut yang menjadi penentu para peserta sudah dinyatakan sebagai pemilih pemula dan berhak menyalurkan hal suaranya.

“Ya tergantung tanggal lahirnya, tapi kalau sehari pasca hari H pencoblosan ya tidak bisa. Pemilih pemula itu ada dua kategori, pertama mereka yang memang berusia 17 tahun dan yang kedua yakni mereka yang sudah purna tugas dari TNI/Polri. Karena bisa jadi, saat menjadi anggota belum sempat menjadi pemilih,” tuturnya.

Usia tersebut, lanjut Amin, juga dikatakan sebagai pemilih pemula. Amin menegaskan, jika KPU Kota Mojokerto siap menyelenggarakan Pemilu dengan diwujudkan melalui sosialisasi kepada para pemilih pemula yang pada Pemilu serentak 2024 mendatang sudah bisa menyalurkan hak suaranya.

“Tujuan sosialisasi ini, tidak lain yakni untuk memberikan wawasan dan pengetahuan tentang hak dan kewajiban calon pemilih pemula dalam pesta demokrasi,” tambah Kepala SMPN 2 Kota Mojokerto yang juga Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMPN Kota Mojokerto, Mulib. [tin/kun]


Apa Reaksi Anda?

Komentar