Pendidikan & Kesehatan

Gandeng IJN Malaysia, RSUD Dr Soetomo Tingkatkan Pelayanan Bedah Jantung

Surabaya (beritajatim.com) – RSUD Dr Soetomo bersama FK Unair hari ini mengadakan penandatanganan MoU dengan Institut Jantung Negara (IJN) Malaysia, Senin (20/1/2020).

Kerjasama tersebut dilakasanakan dalam bidang riset, teknologi dan pendidikan sektor kedokteran jantung. Kerjasama ini bertujuan untuk memajukan departemen Jantung RSUD Dr Soetomo.

Bekerja sama dengan IJN, Dato’ Seri Dr Jeffery Jeswat Dillon, DR Aizai Azan Bin Abdul Rahim, Dato dr. Suhaini B. Kadiman datang langsung untuk menandatangani MoU tersebut.

Dr Aizai Azan, selaku Chief Executive Officer and Senior Consultant Cardiologist National Heart Institute (IJN) bahwa kerjasama ini berlandaskan pada kesamaan kasus penyakit jantung di Indonesia dan Malaysia.

“Kasus penyakit jantung di Indonesia dan Malaysia ini banyak yang sama. Jadi kerjasama ini pasti banyak menghasilkan riset yang baik,” ujar Aizai.

Dr Aizai, juga memberikan banyak gambaran bagaimana teknologi bedah jantung di IJN. Sebagai rumah sakit khusus jantung paling maju di Malaysia, IJN telah melakukan banyak inovasi dalam teknologi mutakhir seperti pada penyakit jantung berlubang, jantung lemah dan transplantasi jantung.

“Ya banyak teknik baru di IJN, seperti jantung berlubang tanpa membedakan yakni dengan pemasangan kateter. Perawatan lemah jantung dengan memasukkan alat berupa pump elektrik,” ujarnya.

Prof Joni Wahyudi, selaku Direktur RSUD Dr Soetomo mengatakan bahwa kerjasama ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan dan pendidikan di RSUD Dr Soetomo.

“RSUD Dr Soetomo diberi tugas untuk mengembangkan pelayanan tersier yakni jantung. IJN sudah terkenal, bidang pendidikan pelayanan dan penelitian. Ada departemen pelayanan jantung, jadi harapannya dengan memberikan pelayanan yang terbaik dengan adanya kerjasama ini,” tukas Prof Joni. [adg/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar