Pendidikan & Kesehatan

Gali Ide dan Gagasan, Rakor DRD Pamekasan Gandeng Perguruan Tinggi

Pamekasan (beritajatim.com) – Dewan Riset Daerah (DRD) Pamekasan, menggandeng Perguruan Tinggi di wilayah setempat untuk menggali beragam ide dan gagasan melalui Rapat Kerja (Rakor) Forum Riset di Ruang Pangripta Praja Bappeda Jl Jokotole, Senin (10/8/2020).

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DRD Pamekasan, Kadarisman Sastrodwirdjo bersama Koordinator Forum Riset, Ghazali beserta anggota, termasuk sejumlah perwakilan dari berbagai PT yang tersebar di berbagai wilayah di kabupaten Pamekasan.

“Pertemuan tatap muka seperti ini pertama kali kita lakukan bersama para perwakilan Perguruan Tinggi, sekalipun sebelumnya sempat menggelar rapat koordinasi melalui daring. Hal tersebut tidak lepas dari adanya pandemi Covid-19,” kata Ketua DRD Pamekasan, Kadarisman Sastrodwirdjo.

Dalam kesempatan tersebut, pihaknya juga menyampaikan tujuan dari keberadaan forum riset yang diorientasikan untuk rakyat secara keseluruhan. “Kami sangat yakin riset ini sangat dibutuhkan masyarakat, serta sangat berpeluang untuk mengembangkan sektor kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya.

“Melalui forum ini kami sangat menginginkan hasil riset di Perguruan Tinggi, khususnya seputar penelitian terapan untuk dipresentasikan di lokasi forum terhormat. Apalagi selama ini hasil riset di perguruan tinggi cenderung kurang bermanfaat karena hanya dibiarkan di menumpuk,” imbuhnya.

Dari itu pihaknya memiliki keyakinan jika keberadaan forum riset didukung dengan komitmen dari seluruh Perguruan Tinggi di Pamekasan, nantinya dapat menghasilkan ide dan gagasan mempuni untuk peningkatan pembangunan di Pamekasan.

“Kita akui selama ini jalinan kerjasama antara pemda dengan Perguruan Tinggi sangat tidak tampak, sehingga dibutuhkan langkah konkrit untuk menghapus stigma ini melalui Forum Riset, yakni Riset untuk Rakyat,” sambung pria yang akrab disapa Pak Dadang.

Tidak kalah penting, pihaknya juga menyampaikan komitmen untuk terus memberikan yang terbaik demi kemajuan Pamekasan. “Melalui program ini kami ingin masyarakat terlibat, Perguruan Tinggi terlibat, semua pihak terlibat dan tentunya memberikan dampak positif untuk Pamekasan,” pungkasnya.

Dalam Rakor DRD Pamekasan, terdapat puluhan perwakilan PT di kabupaten Pamekasan. Di antaranya Akbid Aifa Husada, IAI Al-Khairat, IAIN Madura, Politeknik Madura, STAI Al-Falah Kadur, STAIMU Panyepen, STIE Bhakti Bangsa, STEI Sumber Bungur, UIM Pamekasan, UNIRA dan lainnya. [pin/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar