Pendidikan & Kesehatan

Peringati HKB

Forum Relawan Mojokerto Bagi-bagi Takjil dan Pendidikan Kebencanaan

Bagi-bagi takjil yang digelar Forum Relawan Mojokerto.

Mojokerto (beritajatim.com) – Peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) di Kabupaten Mojokerto diperingati oleh Forum Relawan Mojokerto dengan bagi-bagi takjil. Dalam peringatan HKB yang jatuh setiap tanggal 26 April ini, ribuan takjil gratis dibagikan di 15 titik.

Seperti di Kecamatan Pacet, Mojosari, Sooko dan Jatirejo. Tak hanya sekedar membagikan takjil, Forum Relawan Mojokerto ini juga menggandeng Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur dan sosialisasi memahami risiko bencana dan menumbuhkan budaya sadar bencana.

“Kali ini tema yang kita angkat, yakni Siap Untuk Selamat dengan slogan Buanglah Sampah Pada Tempatnya. Selain bagi-bagi takjil, kita juga membuat kegiatan pendidikan kebencanaan di Panti Asuhan Villa Durian di Kecamatan Pacet,” ungkap Kordinator Forum Relawan Nurruddiyan Kholiq.

Masih kata Kholiq, pendidikan kebencanaan sengaja diberikan kepada anak-anak muda atau anak usia dini di Panti Asuhan Villa Durian. Pasalnya, hal tersebut menjadi bagian dari memberikan penyadaran tanggap bencana terhadap anak-anak muda atau usia dini.

“Kita juga mengandeng BPBD Jatim dengan menghadirkan (Mosipena) mobil edukasi penanggulangan bencana. Diharapkan dengan kegiatan ini, dapat mendorong keluarga dan masyarakat memiliki karakter budaya sadar bencana,” katanya.

Terlebih di beberapa daerah yang ada di Kabupaten Mojokerto yang dipetakan menjadi daerah rawan. Menurutnya, langkah pencegahan bencana berupa langkah peningkatan kesiapsiagaan dapat berawal dari unit terkecil individu dalam masyarakat atau keluarga.

“Minimal jangan buang sampah sembarangan. Ini yang kita tanamkan ke anak muda dan usia dini terutama yang ada di Panti Asuhan Villa Durian,” tegasnya. [tin/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar