Pendidikan & Kesehatan

Bulan Pertama Sekolah Jurnalistik PWI Pamekasan

Fokus Pengenalan Dasar Jurnalistik

Salah satu anggota PWI Pamekasan, Muchsin saat memberikan materi 'Bahasa Jurnalistik' dalam kegiatan Sekolah Jurnalistik di Kantor PWI Pamekasan, Jl Ronggosukowati Nomor 13.

Pamekasan (beritajatim.com)Sekolah Jurnalistik 2021 yang digelar Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pamekasan, fokus pada pengenalan konsep dasar jurnalistik khususnya pada bulan pertama untuk kegiatan yang dijadwalkan hingga Mei 2021 mendatang.

Kegiatan yang dipusatkan di Kantor PWI Pamekasan, Jl Ronggosukowati Nomor 13, digelar sejak Senin (15/3/2021) lalu. Sekaligus memasuki pekan ketiga untuk bulan pertama dalam kegiatan yang digagas sebagai upaya untuk mewujudkan kelompok masyarakat melek media, khususnya di wilayah setempat.

“Untuk bulan pertama kegiatan Sekolah Jurnalistik ini, kita fokus pada pengenalan dasar jurnalistik. Sehingga peserta kita harapkan mampu menguasai materi dan teori seputar jurnalistik,” kata Ketua PWI Pamekasan, Abd Aziz, Selasa (30/3/2021).

Dari tiga pekan pertama sekolah jurnalistik, sedikitnya terdapat 6 (enam) materi berbeda sudah dibagikan kepada peserta yang berasal dari unsur mahasiswa. Di antaranya komunikasi dan jurnalistik, sejarah dan perkembangan jurnalistik, hingga konsep dasar jurnalistik.

Materi lainnya meliputi bahasa jurnalistik, fakta dan opini hingga materi produk jurnalistik non-berita yang disampaikan oleh enam narasumber berbeda. “Materi ini merupakan dasar dari produk jurnalistik, sekaligus pengenalan bagi para peserta sekolah jurnalistik,” ungkapnya.

“Namun nantinya saat memasuki bulan kedua, peserta akan kita minta untuk memilih jurusan sesuatu jenis jenis media yang mereka inginkan. Baik media cetak, elektronik untuk radio dan televisi, ataupun media online,” sambung pewarta yang tergabung di LKBN Antara Jawa Timur.

Pada tahapan tersebut, para peserta nantinya akan diberi materi jurnalistik sesuai dengan jurusan yang mereka pilih. “Jika peserta memilih radio, maka materi akan fokus pada jurnalis radio saja. Misalnya cara menyajikan berita untuk pendengar, pola penulisan, serta cara menyajikan kutipan atau insert pada berita radio,” jelasnya.

Begitu juga dengan jenis jurusan lain sesuai pilihan peserta, sehingga pada bulan ketiga para peserta akan melaksanakan praktik lapangan dengan mentor wartawan anggota PWI Pamekasan sesuai jenis media masing-masing. “Untuk praktik, kita nanti fasilitasi dengan cara terbaik,” pungkasnya. [pin/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar