Pendidikan & Kesehatan

FK Unair Donasikan APD dan Hazmat Washable ke RSUD Dr Soetomo

Surabaya (beritajatim.com) – Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK Unair) kembali memberikan donasi berupa APD (Alat Pelindung Diri) untuk mencegah transimis penyakit kepada tenaga medis yang menjadi garda terdepan dalam penanggulangan virus corona Covid-19.

Kali ini, diberikan langsung oleh Dekan FK Unair, Prof Soetojo kepada RSUD Dr Soetomo yang diwakili oleh Prof Cita Rosita Sigit selaku Direktur Pendidikan Profesi dan Penelitian, Rabu (8/4/2020).

Donasi yang diberikan berupa, 350 pcs Hazmat Suits Washable Sritex, 350 pcs Face Shield dan 80 botol Hand Sanitizer. Hazmat pemberian dari FK ini merupakan Hazmat yang dapat digunakan ulang atau tidak sekali pakai. Hazmat ini pun diimpor dari luar negeri dan merupakan hazmat dengan kualitas yang lebih baik.

Hazmat washable ini dapat digunakan 4 kali atau dapat dicuci sebanyak 4 kali. Sedangkan untuk Face Shield dan Hand Sanitizer dibuat langsung oleh relawan mahasiswa dan BEM FK Unair yang disebut Kalakrisis.

“Kami sengaja pesan hazmat yang washable karena bisa dipakai berulang ulang. Jadi bisa menghemat Hazmat yang ada. Tentunya dengan cara khusus mencucinya. Untuk yang face shield dan hand sanitizer dibuat anak anak BEM, mereka buat gerakan namanya Kalakrisis,” ujar Prof Soetojo.

Prof Cita mengatakan bahwa saat ini APD di RSUD Dr Soetomo masih mencukupi tetapi donasi APD memang masih sangat dibutuhkan.

“Sebenarnya kita cukup APD, tapi kita tidak bisa memprediksikan kapan ini akan selesai, sehingga kita bisa tetap memiliki cadangan bahkan jika keadaan ini berlangsung lama. Sehingga ini baik terutama, untuk PPDS anak didik yang ikut terlibat dalam penanganan,” ungkap Prof Cita. [adg/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar