Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Selama Pandemi Angka Stunting Naik 8 Persen

FK Unair Ajak Ibu-ibu Peduli Tumbuh Kembang Anak

Surabaya (beritajatim.com) – Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK Unair) bersama-sama dengan seluruh fakultas kedokteran yang ada di Surabaya dan Walikota Kota Surabaya menggelar sosialisasi dan penyuluhan kepada ibu-ibu di kecamatan Gubeng mengenai pentingnya pencegahan dan penanggulangan stunting, Sabtu (20/11/2021).

Bertajuk “Pencegahan dan Penanggulangan Stunting dengan Pendekatan dan Pembinaan Mulai 1000 Hari Pertama Kehidupan”, Prof Budi Santoso selaku Dekan FK Unair mengatakan bahwa kesadaran untuk menurunkan angka stunting sangat perlu dilakukan.

“Indonesia menempati posisi ke 3 tertinggi stunting sedunia, oleh karenanya, menumbuhkan kesadaran untuk mencegah stunting ini sangat penting, kami bersama sama dengan seluruh fakultas kedokteran yang ada di Surabaya dan Wali Kota Surabaya mengadakan sosialisasi kepada ibu-ibu tentang bahaya stunting,” ujar Prof Budi.

Lebih dari itu, Prof Dr. Irwanto, dr., Sp.A(K), Guru Besar Tumbuh Kembang Anak dari FK Unair juga mengatakan bahwa terdapat trend kenaikan angka stunting selama pandemi berlangsung.

“Selama pandemi terjadi peningkatan angka stunting di Kota Surabaya sebesar 8 persen. Hal itu mungkin dipicu oleh keadaan yang selama pandemi banyak ibu dan anak yang asupan gizinya tidak tercukupi dengan baik, karena selama pandemi itu kan mungkin sulit mendapatkan akses pengolahan makanan yang baik sehingga buku KIA itu menjadi acuan dan pedoman yang selalu bisa dipegang untuk menjaga tumbuh kembang anak,” tukas Prof Irwanto.

Ia juga menegaskan bahwa penting untuk kembali berpedoman pada buku KIA agar ibu-ibu bisa memantau tumbuh kembang anak, sehingga stunting bisa diketahui lebih dini dan dapat ditanggulangi dengan lebih baik. [adg/but]

 


Apa Reaksi Anda?

Komentar