Pendidikan & Kesehatan

FK KBIHU Jatim: Prioritaskan Vaksin untuk Calon Jemaah Haji 2020

Wakil Ketua I FK KBIHU Jatim Madini Farouq

Jember (beritajatim.com) – FK KBIHU (Forum Komunikasi Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umroh) Jawa Timur meminta pemerintah agar memrioritaskan vaksinasi untuk calon jemaah haji yang termasuk dalam rencana tahun keberangkatan 2020.

Keberangkatan mereka tahun lalu tertunda, karena pandemi Covid-19. “Jadi kami memohon kepada pemerintah untuk memrioritaskan vaksin covid bagi para calon jemaah haji Indonesia tersebut agar bisa berangkat tahun ini sesuai dengan persyaratan dari pemerintah Arab Saudi,” kata Wakil Ketua I FK KBIHU Jatim Madini Farouq, Kamis (4/3/30212).

Tercatat per 2 Juni 2020, jumlah pendaftar haji di Jawa Timur, mencapai 950.151 orang. Jatim mendapat kuota untuk berangkat tahun ini 35.152 orang calon haji. Rinciannya, kuota tahun berjalan sebanyak 34.516 orang, prioritas lansia 353 orang, pembimbing Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU) 47 orang, dan petugas haji daerah (PHD) sebanyak 236 orang.

Madini mengingatkan, para calon haji tersebut berharap untuk bisa berangkat ke tanah suci tahun ini karena sudah cukup lama menunggu. “Ada yang sudah mendekati usia lansia, sehingga harus diprioritaskan untuk bisa berangkat haji tahun ini,” katanya.

Saat ini masa tunggu calon haji Jatim untuk berangkat ke Mekah sudah mencapai 28 tahun. “Kesempatan untuk bisa melaksanakan ibadah haji bagi mereka yang sudah lansia hanya satu kali seumur hidup karena waktu antreannya yang cukup lama,” kata pria yang juga Ketua Dewan Pimpinan Cabang Partai Persatuan Kabupaten Jember ini. [wir/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar