Pendidikan & Kesehatan

Fisip Universitas Jember Gelar Ujian Skripsi dalam Jaringan

Selfy Budi Helpiastuti, dosen Fisip Universitas Jember

Jember (beritajatim.com) – Program Studi Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik Universitas Jember di Kabupaten Jember, Jawa Timur, menggelar ujian skripsi dalam jaringan (online) dengan menggunakan aplikasi Zoom berbayar. Qutwatun Hasanah menjadi mahasiswa pertama yang lulus dengan model ujian skripsi ini.

Selfy Budi Helpiastuti, salah satu dosen penguji skripsi, mengatakan, ujian online ini memudahkan mahasiswa di tengah pandemi Covid-19. Mahasiswa tinggal melakukan presentasi di rumah. Namun dia tetap diwajibkan mengenakan atribut lengkap seperti jas almamater dan dasi.

“Kami para dosen penguji juga memperhatikan apa yang disampaikan di depan laptop masing-masing, sembari menyimak naskah skripsi yang sudah dikirimkan sebelumnya,” katanya, sebagaimana dilansir Humas dan Protokol Unej, Selasa (7/4/2020). Qutwatun akhirnya berhasil meraih nilai yang memuaskan setelah menjalani ujian selama 2,5 jam.

Ujian skripsi dengan cara daring ini akan dilakukan hingga wabah Covid-19 selesai. Selama ini para dosen juga sudah terbiasa memberikan kuliah dalam jaringan. Namun, Selfy mengakui, bahwa jaringan bisa menjadi kendala. “Beberapa mahasiswa yang rumahnya di pelosok desa sedikit kesulitan. Bahkan ada salah satu mahasiswa saya harus pergi ke tengah sawah hanya untuk mendapatkan jaringan internet,” katanya. [wir/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar