Pendidikan & Kesehatan

Fakultas Vokasi Unair Resmikan Vokasi Mart Sebagai Laboratorium Terpadu

Vokasi Mart Universitas Airlangga

Surabaya (beritajatim.com) –  Fakultas Vokasi Universitas Airlangga meresmikan Vokasi Mart, Rabu (7/4/2021).

Vokasi Mart ini merupakan sarana pembelajaran praktek mahasiswa Vokasi. Vokasi Mart ini pun dikembangkan menjadi laboratorium terpadu.

Maurisia Putri Permatasari, Kaprodi Manajemen Pemasaran menjelaskan awalnya Vokasi Mart  merupakan laboratorium Retail untuk prodi Manajemen Pemasaran saja.

Namun, kemudian dikembangkan agar bisa digunakan oleh mata kuliah lainnya. Serta membangun kemitraan dengan UMKM di Surabaya dan Jatim.

“Jadi dengan kami kembangkan juga untuk vokasi mart online untuk bisa digunakan sebagai laboratorium E-commerce,”tegasnya.

Dekan Fakultas Vokasi Unair, Prof Dr drh Anwar Ma’ruf MKes

Apalagi, saat pandemi penjualan dilakukan secara online. Sehingga Vokasi Mart juga berfungsi sebagai warehouse beragam produk dari wirausaha mahasiswa, tendik dan dosen Fakultas Vokasi.

“Vokasi Mart diharapkan bisa menjadi pengembangan usaha dan memperluas sasaran pasar kami karena terbuka online dan offline,”paparnya.

Ke depannya, model praktikum bisa mulai dilakukan pada semester gasal secara bergantian. Misalkan untuk retail, maka akan membahas tentang pengaturan toko dan pemasarannya.

Sementara jika digunakan untuk laboratorium E-commerce bisa melakukan penjualan online.

Dekan Fakultas Vokasi Unair, Prof Dr drh Anwar Ma’ruf MKes mengungkapkan Vokasi Mart ini akan mewadahi semua usaha mahasiswa, dosen, tendik dan UMKM yang ada di Jatim.

“Vokasi Mart akan menjadi wadah pendampingan UMKM, mulai dari pendampingan proses, pengemasan hingga pemasaran produk,” urainya.

Upaya pengembangan Vokasi Mart ini juga sebagai bentuk bantuan kami untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Selain itu,21 program studi yang ad di Fakiltas Vokasi akan membantu  berbagai permasalahan dalam UMKM.

“Kami berharap dosen di Fakultas Vokasi nantinya juga tidak terjebak dengan dosen akademisi. Praktek dan pengabdian masyarakat juga harus diterapkan,” lanjutnya.

Tak hany UMKM, produk yang dijual Vokasi Mart nantinya akan berkembang pada kebutuhan penelitian akademisi. (ted)



Apa Reaksi Anda?

Komentar