Pendidikan & Kesehatan

Enam Santri Ponpes Darrusalam Positif Corona Diisolasi, Begini Kondisinya

Foto ilustrasi

Banyuwangi (beritajatim.com) – Enam santri Pondok Pesantren Darrusalam, Blokagung, Desa Karangdoro, Kecamatan Tegalsari terpapar Covid 19. Saat ini mereka tengah menjalani perawatan dan isolasi di RSUD Genteng.

Meski demikian, secara klinis kondisi mereka membaik. Bahkan, dokter yang merawat telah menyatakan untuk dipulangkan.

“Kondisinya baik, mereka rata-rata tanpa gejala mulai besok boleh pulang bisa isolasi di pondok pesantren. Meskipun positif, tapi tidak bergejala nanti dilakukan isolaso selama 10 hari kal tidak ada keluhan bisa dinyatakan sembuh,”

“Tapi selama 10 hari kalau ada keluhan, kira-kira tambah tiga hari tidak ada keluhan kemudian dinyatakan sembuh,” ungkap Plt. Direktur RSUD Genteng dr. Kurniyanto, Jumat (21/8/2020).

Kurniyanto menyebut, dari awal keenam pasien menunjukkan kondisi yang baik.

“Semua sehat, stabil hanya saja perlu untuk menaikan daya tahan tubuh, tambah asupan gizi yang cukup dan vitamin,” katanya.

Sejauh ini, kata Kurniyanto, pihak Ponpes Darrusalam telah melakukan langkah yang baik dalam penanganan maupun mencegah penyebaran Covid 19 di lingkungan. Bahkan, hal ini didukung penuh oleh Dinas Kesehatan Banyuwangi.

“Dinkes juga menerjunkan petugas kesehatan gabungan dari RSUD Genteng dan puskesmas sekitar di lingkungan ponpes untuk melakukan pemeriksaan fisik awal di sana,” pungkasnya.

Selain enam santri ini, jumlah total sebanyak 77 santri Ponpes Darrusalam dinyatakan positif corona. Rinciannya, pihak kesehatan telah mengambil sampel swab santri sebanyak 96. Dari jumlah itu, hasilnya 77 santri terkonfirmasi positif Covid 19. Sementara 13 dinyatakan negatif dan 6 sisanya belum keluar hasilnya. [rin/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar