Pendidikan & Kesehatan

Empat Perusahaan Gandeng PMI Surabaya Adakan Skrining Plasma Konvalesen

Surabaya (beritajatim.com) – Sebagai wujud kepedulian pada sesama dan aksi peduli pandemi Covid-19, PT Surya Dermato Medica Laboratories, PT Rembaka, PT Eskol Surya Anugrah, PT Surya Kemenangan Sejahtera bekerja sama dengan PMI Kota Surabaya mengadakan kegiatan ‘Donorkan Darahmu dan Skrining Plasma Konvalesen Agar Kehidupan Indonesia Terjaga’.

Tidak hanya kegiatan donor darah dan skrining plasma konvalesen, dalam rangkaian acara ini juga dilakukan pembagian paket sembako yang masing-masing berisi beras, minyak goreng, susu UHT, madu dan telur ayam kepada peserta donor serta skrining plasma konvalesen.

Selain itu, juga diserahkan sumbangan 5000 masker medis, hand sanitizer, disinfektan dan baju APD kepada PMI Kota Surabaya. Kegiatan ini akan dilangsungkan pada Sabtu, 7 Agustus 2021 pukul 07.30 WIB hingga selesai, berlokasi di PT Rembaka, Jalan Berbek Industri VII nomor 4, Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo.

Direktur PT Surya Dermato Medica Laboratories, Kuncoro Tanudirjo mengungkapkan, bahwa kegiatan ini merupakan aksi kepedulian untuk menolong pihak-pihak yang terdampak Covid-19. “Sebagai pelaku industri farmasi dan kosmetik, kami tergerak membantu meringankan beban tenaga medis dan masyarakat Indonesia, khususnya kota Surabaya dan Sidoarjo. Yakni, melalui kegiatan donor darah dan skrining plasma konvalesen dalam menghadapi pandemi Covid-19,” katanya.

Selama tahap persiapan kegiatan hingga hari pelaksanaan kegiatan, pihaknya akan selalu mengedepankan dan menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah.

“Kami yakin PMI sebagai salah satu garda terdepan membantu masyarakat melalui donor darah dan donor plasma konvalesen, kami akan support semaksimal mungkin. Semoga kegiatan ini dapat menolong masyarakat dan karyawan yang membutuhkan,” ujar Kuncoro Tanudirjo.

Antusiasme karyawan dan masyarakat untuk aksi sosial yang tinggi menyebabkan kuota peserta donor cepat terpenuhi sehingga panitia menutup pendaftaran pada Rabu, 4 Agustus 2021. Pembatasan jumlah peserta bertujuan agar prosedur kesehatan bisa berjalan dengan tertib.

Sekadar diketahui, PMI Surabaya pada Jumat (30/7/2021) lalu mencatat sekurangnya 508 permintaan plasma konvalesen dari masyarakat masih belum terlayani.

Sedangkan, stok plasma konvalesen di PMI Surabaya masih kosong. Pendonor plasma konvalesen masih minim, dan jumlahnya tidak sebanyak sebelumnya.

“Kondisinya memang demikian. Pendonor masih minim. Kalau dibandingkan dengan beberapa waktu lalu, terutama saat menjelang Idul Fitri, jumlahnya jauh berbeda. Ketika itu jumlah stok plasma konvalesen sampai ratusan. Tapi berangsur menipis. Dan, akhirnya habis. Ternyata berkepanjangan, beberapa waktu ini memang stok kami kosong,” kata Triksi Hendria, Humas PMI Surabaya.

Sebanyak 508 permintaan plasma konvalesen yang masuk ke PMI dan belum terlayani itu sebagian besar berasal dari warga Kota Surabaya. “Trend beberapa minggu terakhir, dari total permintaan plasma konvalesen yang masuk, terbanyak dari Surabaya sendiri. Tapi kalau kosong seperti saat ini, tentunya kami belum bisa memberikan layanan,” ujar Triksi. (tok/kun)



Apa Reaksi Anda?

Komentar