Pendidikan & Kesehatan

Empat Pasien Positif Covid-19 di Sumenep Membaik

Sumenep (beritajatim.com) – Empat dari lima pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang menjalani perawatan di RSUD dr H. Moh. Anwar Sumenep, saat ini kondisinya makin membaik.

“Pasien 1-4 yang dirawat di ruang isolasi Covid-19 di RSUD Sumenep kondisinya semakin hari semakin membaik,” kata Direktur RSUD dr H. Moh. Anwar Sumenep, dr Erliyati, Sabtu (9/05/2020).

Ia memaparkan, sejak dirawat di ruang isolasi Covid-19, pasien 1-4 itu telah menjalani dua kali swab. Untuk swab pertama hasilnya negatif. Sedangkan swab kedua hingga saat ini masih menunggu hasilnya.

“Setelah swab pertama terkonfirmasi positif, empat pasien itu langsung dirawat di RSUD. Sejak disolasi, mereka menjalani swab lagi. Sudah dua kali swab selama dirawat. Yang pertama negatif. Swab berikutnya belum keluar hasilnya,” papar Erliyati.

Ia berharap agar swab berikutnya juga menunjukkan hasil negatif, sehingga pasien bisa dikatakan sembuh. “Perlu setidaknya dua kali swab terakhir yang negatif, baru para pasien terkonfirmasi positif ini bisa dikatakan sembuh,” ujarnya.

Selain keempat pasien tersebut, masih ada satu lagi warga Sumenep yang terkonfirmasi positif. Pasien nomor 5 itu merupakan karyawan Bank Jatim Cabang Pembantu Pragaan. “Kalau pasien nomor 5 ini dirawat di salah satu rumah sakit di Surabaya. Kelima pasien positif Covid-19 di Sumenep ini berkategori OTG atau orang tanpa gejala,” papar Erliyati.

Ia berharap agar seluruh warga Sumenep mematuhi protokol kesehatan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, yakni stay at home, physical distancing, cuci tangan, dan gunakan masker apabila terpaksa harus keluar rumah. “Kalau semuanya sudah mematuhi protokol kesehatan itu, Insya Allah akan semakin cepat pandemi Covid-19 ini berakhir,” tandasnya. [tem/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar