Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Emak-emak di Jombang Ikuti Vaksinasi Covid di Teras Rumah

Seorang warga Desa Ngrimbi disuntik vaksin Sinovac di teras rumanya oleh nakes (tenaga kesehatan) dari Puskesmas Bareng, Jombang

Jombang (beritajatim.com) – Vaksinasi Covid-19 tidak selalu menegangkan. Penyuntikan vaksin bisa berlangsung santai dan dilakukan di teras rumah milik warga. Hal itulah yang dilakukan oleh petugas dalam vaksinasi dari pintu ke pintu di Desa Ngrimbi, Kecamatan Bareng, Jombang, Jawa Timur, sejak sepekan terakhir ini.

Tim vaksinasi Covid-19 dari Puskesmas Bareng berkeliling dari rumah ke rumah dalam rangka penyuntikan vaksin. Mereka didampingi Bhabinkamtibmas (Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat), Babinsa (Bintara Pembina Desa), serta perangkat desa setempat.

Walhasil, warga menyambut upaya jemput bola tersebut. Nampak emak-emak antusias mengikuti vaksinasi di rumah mereka. Ada yang vaksin di teras rumah, ada pula yang memilih di ruang tamu. Sebelum menyuntikkan vaksin Covid-19, petugas terlebih dulu melakukan skrining kesehatan kepada tuan rumah. Katika lolos skrining, penyuntikan vaksin pun dilakukan. Tak ada ketegangan. Semua berjalan dengan santai.

Bhabinkantimbas Desa Ngrimbi Briptu Mario Masagena mengatakan, vaksinasi dengan metode door to door tersebut merupakan tahap 1. Warga yang didatangi adalah yang sebelumnya sudah terdaftar namanya sebagai peserta vaksin. Sementara kehadiran Bhabinkantibmas, Babinsa, serta perangkat desa bertujuan memberikan rasa aman. Yakni, mencegah timbulnya gangguan kamtibmas.

“Sehingga dapat memberikan kenyamanan terhadap para tenaga medis maupun para peserta suntik vaksin Sinovac Covid-19. Pelaksanaan vaksinasi ini mendapat sambutan baik dari masyarakat. Mereka antusias ikut vaksin demi terciptanya kekebalan kelompok,” ujarnya, Jumat (12/11/2021).

Dalam kesempatan tersebut, petugas juga menyampaikan tentang penting penerapan protokol kesehatan (prokes).  Semisal memberikan imbauan agar selalu menggunakan masker, menjaga jarak, tidak berkerumun serta selalu mencuci tangan menggunakan sabun.

Kapolsek Bareng AKP Nanang Sujianto menambahkan, pengamanan dan monitoring yang dilaksanakan Bhabinkamtibmas merupakan tugas wajib Polri dalam rangka mengawal dan menyukseskan program pemerintah terkait vaksinasi covid-19.

“Kami juga mengimbau kepada masyarakat Kecamatan Bareng. Agar tidak kendor dalam menerapkan protokol kesehatan (prokes), meski sudah divaksin. Karena hal tersebut berfungsi untuk memutus rantai penyebaran Covid-19. Vaksin penting, prokes juga perlu,” ujar Nanang. [suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar