Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Dukung Vaksinasi Nasional, Yayasan Bersih Raih Penghargaan Kemenkes RI

Surabaya (beritajatim.com) – Yayasan Bersama Indonesia Sehat (Bersih) mendapatkan penghargaan dan ucapan terima kasih dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI atas kontribusi yayasan dalam mensukseskan program vaksinasi nasional.

Plakat beserta surat yang ditandatangani Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin diterima di sekretariat yayasan, Jalan Mawar 54 Surabaya pada 31 Desember 2021. “Tentu penghargaan ini merupakaan penyemangat kami untuk memberikan sumbangsih yang lebih lagi kepada masyarakat, khususnya di bidang kesehatan. Ke depan, Yayasan Bersih siap untuk menjalin kerja sama yang lebih mendalam lagi dengan Kemenkes,” ujar H Hamim Tohari, SH MH, salah seorang Founder Yayasan Bersih.

Dikonfirmasi terpisah, Dwi Eko Lokononto, salah seorang pendiri Yayasan Bersih menjelaskan, yayasan ini lahir dari keprihatinan dan keinginan membantu masyarakat dan pemerintah menghadapi Covid-19, terutama dalam sosialisasi arti penting prokes, vaksinasi dan percepatan vaksinasi lewat gotong royong dan kesukarelawanan.

“Penghargaan dari pemerintah ini sesungguhnya lebih sebagai apresiasi pada semangat kegotongroyongan dan kesukarelawanan. Sesuatu yang harus terus kita gelorakan,” kata Lucky, panggilan akrab Dwi Eko Lokononto yang juga Pemred beritajatim.com.

“Upaya yang telah dilakukan oleh Yayasan Bersama Indonesia Sehat ini adalah contoh panggilan hati dari para masyarakat untuk bergotong-royong bersama mengatasi pandemi Covid-19. Yayasan Bersih telah berhasil melindungi ribuan warga Indonesia dari kejamnya virus Covid-19. Semoga terus tumbuh dan memberikan manfaat bagi masyarakat Indonesia,” imbuh dr Makhyan Jibril Al Farabi, salah seorang Founder dan Pengawas Yayasan Bersih saat diminta tanggapannya.

Ketua Umum Yayasan Bersih, Teguh Pruhandoko menegaskan, ini merupakan wujud kegotongroyongan masyarakat Indonesia yang bersatu dalam situasi pandemi. “Terima kasih kami ucapkan kepada Bapak Budi Gunadi Sadikin, Menteri Kesehatan RI atas penghargaan ini,” tuturnya.

Berusia satu tahun, inilah jejak yayasan Bersama Indonesia Sehat (Bersih):

1. Berkolaborasi dengan beberapa BUMN, BUMD, Pemkot Surabaya, Polri, Komunitas Sosial, PMI, komunitas Survivor Covid-19. Semua bergerak bersama untuk membantu PMI Surabaya menyelenggarakan event donor darah dan donor plasma konvalesen, dengan tujuan untuk membantu PMI menjamin ketersediaan darah dan plasma konvalesen untuk membantu pasien Covid-19.

2. Mengadakan pendampingan serta menggerakkan masyarakat lansia dan para tenaga pendidik untuk vaksinasi di event Sentra Vaksinasi Bersama BUMN.

Dalam kegiatan disupport oleh Universitas Airlangga dalam bentuk peminjaman Bus Kampus, IKA Unair Sidoarjo, Pemkot Surabaya, Pemprov Jawa Timur, Aperindo Prima Mandiri, beberapa komunitas Gereja, pesantren dan sekolah sekolah Swasta, serta beberapa Alumni FEB’85.

Target kegiatan ini adalah untuk melindungi para lansia, masyarakat yg rentan terhadap Covid-19. Sedangkan untuk tenaga pendidik supaya pengajaran tatap muka cepat terwujud.

3. Menyelenggarakan vaksinasi untuk masyarakat berkebutuhan Khusus dan difabel di Kantor Gubernur Jawa Timur.
Bekerjasama dengan Pemprov Jatim, beberapa komunitas yang memiliki anggota berkebutuhan khusus dan difabel (BK3S Jatim, YPAC, dll).
Targetnya adalah menjadikan event tersebut dapat men-trigger kebijaksanaan pemda untuk melakukan vaksinasi bagi kelompok berkebutuhan khusus dan difabel.

4. Membantu Pemerintah Kota Surabaya dalam menuntaskan vaksinasi dengan peminjaman mobil khusus vaksinasi.
Kegiatan ini didukung oleh Berkah Langit Foundation dan PT Berlian Jasa Terminal Indonesia (BJTI).

Untuk itu, Yayasan Bersama Indonesia Sehat mengucapkan terima kasih atas dukungannya berkaitan dengan kegiatan kemanusiaan ini.

Kegiatan tersebut diatas mendapatkan atensi dari pemangku Kepentingan (stockholder) yakni, berupa ucapan terima kasih dan penghargaan kepada yayasan Bersama Indonesia Sehat, yakni :

1. Pemerintah Kota Surabaya memberikan penghargaan sebagai penggerak donor plasma konvalesen, pada saat Ulang Tahun PMI.

2. Pemkot Surabaya memberikan penghargaan kepada Ketua Umum Yayasan atas kontribusinya dalam pencegahan dan penanganan Covid-19.

3. Dan yang terbaru, Kemenkes RI memberikan penghargaan atas kontribusi yayasan dalam mensukseskan vaksinasi nasional. (tok/kun)


Apa Reaksi Anda?

Komentar