Pendidikan & Kesehatan

Duh, Masih Banyak Warga yang Tak Taat Protokol Kesehatan

Surabaya (beritajatim.com) – Ketua Satgas Covid-19 Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa), dr. Moh. Fifin Kombih mengingatkan masyarakat tetap patuhi protokol kesehatan (prokes) selama libur natal dan tahun baru (nataru) 2021.

Fifin menilai protokol kesehatan wajib diterapkan selama libur natal dan tahun baru, hal ini sebagai upaya untuk menekan jumlah penyebaran virus corona. Dimana selama ini masih banyak masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan.

“Sering dijumpai jika masyarakat masih tidak jaga jarak, cuci tangan bahkan kebanyakan masyarakat tidak menggunakan masker saat beraktivitas,” ucap dr Fifin, Jumat (18/12).

Fifin menilai dengan menerapkan protokol kesehatan ini merupakan vaksin yang bagus dalam penanganan covid-19 ini. “Dengan kondisi ini, masyarakat diminta untuk tetap patuh pada protokol kesehatan karena jumlah korban semakin meningkat,” jelas pria yang juga dosen dari Fakultas Kedokteran (FK) Unusa.

Fifin menjelaskan jika pasca libur hari besar akan terjadi lonjakan masyarakat yang tertular virus corona. “Jadi dengan libur panjang natal dan tahun baru ini yang perlu diwaspadai,” ujarnya.

Fifin khawatir jika libur panjang ini masyarakat tidak patuh dengan protokol kesehatan. “Kenaikannya bisa 2 hingga 3 kali lipat masyarakat yang tertular virus corona,” katanya.

Dengan penerapan protokol kesehatan ini, Fifin berharap jika virus corona bisa hilang di muka bumi. “Itu semua berhasil kalau masyarakat bisa mematuhi protokol kesehatan, jadi saya berharap masyarakat bisa memahami kondisi saat ini,” ungkapnya. [but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar