Pendidikan & Kesehatan

Dua Universitas Malaysia Tertarik Unej dan Polije 

Jember (beritajatim.com) – Dua perguruan tinggi Malaysia tertarik dengan Universitas Jember dan Politeknik Negeri Jember di Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Prof. Tan Sri Dato’ Wira Dr Mohd Ab Yajid, President of Management and Science University (MSU), mengunjungi Polije, Senin (11/2/2019) lalu. Sementara itu pada saat yang sama, sebanyak 27 mahasiswa Kolej Tun Hussein On (KTHO) Universiti Kebangsaan Malaysia, didampingi lima dosennya mengunjungi Unej.

Tan Sri Dato’ Wira Dr Mohd Ab Yajid, didampingi oleh Prof. Pn Sri Dato Dr Junainah Ab Hamid (Vice Chancellor) dan Prof. Dr. Eddy Yusuf (VP of Global Affairs).

“Hubungan antara MSU dan Polije akan terus meningkat tentunya dengan niat dan komitmen yang baik untuk menjadi pembelajaran dan kemajuan untuk anak-anak didik,” kata Yajid.

“Jika kita ingin terus membangun institusi kita, maka kita harus membangun institusi kita di luar lingkungan kita. Inilah yang menjadikan kunci utama dari MSU Malaysia yang mendorongnya untuk bekerjasama dengan institusi-institusi lainnya, terutama di luar negeri,” tambah Yajid.

Program kerjasama MSU dengan Polije adalah program mobility double degree.  merupakan salah satu program. “Program Dual Degree dengan MSU Malaysia, dilaksanakan dengan 3 tahun di Polije dan 1 tahun d MSU untuk menyelesaikan program sarjana (bakeloriat). Sedangkan yang berminat langsung melanjutkan ke jenjang Magister bisa ditempuh dengan satu tahun lagi dengan program Magister Fast Track,” kata Kepala Bakerma Nantil.

Sementara itu, Dekan FKIP Unej Dafik mengatakan, unjungan dosen dan mahasiswa Universiti Kebangsaan Malaysia kali ini adalah kunjungan balasan setelah dosen dan mahasiswa FKIP berkunjung ke Malaysia pada tahun lalu.

“Program kerjasama dengan Universiti Kebangsaan Malaysia tidak hanya di bidang pertukaran mahasiswa. Tapi juga di kegiatan penelitian bersama yang sudah melahirkan buku berjudul Cultural, History and Education, yang merupakan kolaborasi antara Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP Universitas Jember dengan Faculty of Education Universiti Kebangsaan Malaysia,” katanya.

“Harapannya kerjasama ini bakal berkembang lebih luas agar target kita untuk mendapatkan pengakuan akreditasi dari ASEAN University Network Quality Assurance dapat terwujud,” kata Dafik. (wir/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar