Pendidikan & Kesehatan

Dua OTG Positif Corona Jember, Asalnya dari Sidoarjo dan Surabaya

Foto: Ilustrasi

Jember (beritajatim.com) – Dua orang tanpa gejala (OTG) teridentifikasi positif mengidap virus corona dirawat di RS Daerah dr. Soebandi, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Salah satunya warga yang mengantongi kartu tanda penduduk Surabaya.

Warga ini asal Surabaya ini berdomisili di Kecamatan Patrang, Jember, dan memiliki kontak erat dengan kasus konfirmasi pertama pada 16 Maret 2020. “Dia pulang ke rumah istri dan mertua di Sidoarjo pada 28-29 Maret 2020. Lalu kembali bekerja di kantor pada 30-31 Maret,” kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Jember Gatot Triyono, Jumat (24/4/2020).

Tanggal 1 April 2020, warga tersebut menjalani tes cepat dan hasilnya positif. “Tanggal 11-12 April, dilakukan pengambilan swab kendati tidak mengalami keluhan sakit. Tanggal 22 April hasil swab keluar dan dinyatakan positif corona,” kata Gatot.

Mengidap corona tanpa gejala juga ditemui pada warga Kecamatan Arjasa berusia 47 tahun. Dia adalah peserta pelatihan integrasi petugas haji di Asrama Haji Embarkasi Sukolilo, Surabaya, bersama 20 orang pada 9-18 Maret 2020. Dia memiliki kontak erat dengan kasus konfirmasi 2 dan 3. Mereka pulang bersama ke Jember dengan mobil pribadi pada 18 Maret. Ada enam orang dalam mobil tersebut.

Tanggal 31 Maret, dilakukan rapid test atau tes cepat. Hasilnya negatif. Tes kedua dilaksanakan pada 11 April 2020: hasilnya positif corona. Pengambilan swab langsung dilakukan, dan saat ini pasien kasus keenam ini menjalani rawat inap di rumah sakit.

Data Pemerintah Kabupaten Jember hingga Kamis kemarin menyebutkan ada enam kasus positif corona, salah satunya meninggal dunia. Selain itu ada 54 orang pasien dalam pengawasan, 1.036 orang dalam pemantauan, dan 19.356 orang dengan risiko. [wir/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar