Pendidikan & Kesehatan

Dua Napi Lapas Porong Positif Covid-19

Sidoarjo (beritajatim.com) – Dua warga binaan pemasyarakatan (WBP) Lapas Kelas l Surabaya di Porong, diduga positif Covid-19. Kedua narapidana tersebut kini dirawat di RSUD Sidoarjo.

Direktur RSUD dr. Atok Irawan membenarkan jika pasien dari Lapas Porong dinyatakan positif setelah dilakukan pemeriksaan dan kini dirawatkan inap RSUD Sidoarjo.

“Dari lima WBP Lapas Porong yang dirawat dua positif Covid-19, dan yang tiga pasien lainnya masih menunggu hasil swab,” kata dr. Atok Irawan, Rabu (19/8/2020).

Sementara itu Kalapas Kelas I Surabaya, Gun Gun Gunawan menjelaskan pihaknya masih menunggu surat resmi dari dokter lapas, berapa WBP yang positif covid. “Saat ini dokter lapas belum ada laporan dan saya menunggu laporan tersebut,” katanya.

Gun Gun juga merasa heran, ada WBP kasus percobaan bunuh diri minum obat porstex lantai, dan yang bersangkutan dibawa ke RSUD dan harus rawat inap.

“WBP kita bawa ke RSUD beberapa hari disana ko malah jadi ada info positif padahal tadinya didalam lapas sehat-sehat aja cuma karena minum prostek itu… Makanya saya lagi mengkaji ini sama tim. Karena ko jadi rawan bawa WBP berobat rujuk ke rumah sakit,” jelasnya via pesan WhatsApp kepada wartawan.

Pihak Lapas Porong sudah menerapkan protokol kesehatan diantaranya melarang aktifitas kunjungan bagi keluarga WBP. “Semoga lingkungan Lapas Porong terlindungi dari Covid-19. Kita berupaya sosialisasi juga penanganan protokol kesehatan karena lapas rentan dengan orang yang golongan reaktif, karena banyak yang masuk ke lapas sudah membawa penyakit bawaan,” beber dia. (isa/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar