Pendidikan & Kesehatan

dr Endang Kembangkan Klinik Samudra Husada Jadi Faskes One Stop Service

dr Endang Wahyu Laksmiwati

Kediri (beritajatim.com) – Dokter Endang Wahyu Laksmiwati mengembangkan Klinik Samudra Husada Kusuma menjadi fasilitas kesehatan yang berkonsep one stop service. Tak hanya dokter gigi dan apotek, klinik yang bermitra dengan BPJS Kesehatan ini juga dilengkapi dengan layanan laboratorium sederhana.

Hal ini ditujukan agar pasien yang datang dapat dilayani secara tuntas dalam sekali kunjungan. Sebagai puncak manajemen, dr. Endang memiliki komitmen kuat untuk memberikan layanan kesehatan yang berkualitas.

“Terkadang pasien merasa enggan untuk dirujuk ke laboratorium klinik, terlebih lagi pada masa pandemi seperti ini. Agar dapat mengakomodir kebutuhan pasien maka kami menyediakan layanan pemeriksaan sederhana sesuai dengan koridor yang diperbolehkan untuk dilakukan di Klinik,” ujar dr. Endang.

Meski halamannya tampak sepi, rata-rata akses layanan kesehatan di Samudra Husada mencapai 50 orang per-hari. Mayoritas akses tersebut dilakukan melalui berbagai kanal online yang diampu sendiri oleh dr. Endang. Memperhatikan rawannya penyebaran Covid-19, dr. Endang menghimbau agar pasien mengoptimalkan layanan non-tatap muka yang dikembangkan oleh masing-masing FKTP.

“Kita sendiri memanfaatkan tiga jalur layanan yaitu Mobile JKN, Whatsapp, dan SMS. Alur pelayanan sebetulnya sama saja dengan tatap muka. Administrasi dan pencatatan tetap kita selesaikan, begitupun pelayanan riilnya. Setelah pemeriksaan obat dapat diambil disini,” jelas dr. Endang.

Sejak tahun 2011 klinik yang beralamat di Jalan Iskandar Muda No 15 Semampir Kota Kediri ini menjalin kerja sama dengan PT Askes yang kemudian bertransformasi menjadi BPJS Kesehatan. Peserta JKN pun sangat mendominasi akses layanan kesehatan di Klinik ini. Bila dipersentasekan, jumlahnya bahkan mencapai 98 persen.

“Disini tidak ada diskriminasi layanan, semuanya kita layani dengan baik. Toh sekarang ini jarang sekali ada pasien umum. Cakupan kepesertaan Kota Kediri kan sudah menuju UHC lah (Universal Health Coverage). Mengingat mayoritas pasien kita ini pasien JKN, maka pelayanan kesehatan di Klinik Samudra Husada ini bersifat kontinyu. Pasien yang memilih klinik ini akan kembali kesini bila membutuhkan layanan kesehatan. Memang kelebihan sistem JKN kan pelayanan kesehatan di FKTP-nya dilakukan secara kontinyu,” tutup dr. Endang. [nm/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar