Pendidikan & Kesehatan

DPRD Bangkalan Soroti Bantuan PIP Cair Saat Murid SD Sudah Lulus

Ketua Komisi D DPRD Bangkalan, Nur Hasan (dok)

Bangkalan (beritajatim.com) – Pencairan dana bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) untuk murid Sekolah Dasar (SD) di Bangkalan dinilai tidak efektif. Sebab, sejumlah siswa SD menerima bantuan tersebut setelah lulus dari sekolah.

Ulfatul Hasanah misalnya, siswi yang kini duduk di kelas IX di salah satu MTSN, baru mendapatkan dana PIP yang harusnya diterima saat duduk di bangku SD.

Ketua Komisi D DPRD Bangkalan, Nur Hasan mengatakan, PIP harus bisa cair tepat waktu. Pasalnya dana tersebut dirancang pemerintah untuk membantu kebutuhan siswa SD.

“Saya kurang paham untuk teknis pencairannya seperti apa, namun yang namanya bantuan harus diberikan tepat waktu dan tepat sasaran. Itu kan untuk membantu kebutuhan siswa, kalau sudah lulus tentu kurang efektif,” ujarnya, Senin (16/2/2021).

Tak hanya itu, ia akan segera melakukan upaya dengan berkirim surat kepada Kemensos. Agar proses pencairan dana bantuan PIP, tepat waktu dan dapat dimanfaatkan sesuai kebutuhan siswa. “Dalam waktu dekat kami akan kirim surat ke Kemensos, supaya pencairan ini bisa tepat waktu dan bisa dicairkan tiap semester,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Bidang pembinaan SD Disdik Bangkalan, Dewi Ega mengatakan, pihaknya akan melakukan perbaikan sehingga hal serupa tidak terjadi lagi. “Kami akan melakukan evaluasi dan perbaikan agar ke depan bisa lebih baik,” imbuhnya.

Ia berdalih, dana PIP tersebut telah ada di rekening penerima namun banyak penerima yang tidak mengetahui dan baru mencairkan saat ini. [sar/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar