Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

DPD Projo Jawa Timur Gelar Vaksinasi Bagi Rakyat di 12 Kabupaten

Malang (beritajatim.com) – DPD Projo Jawa Timur menggelar Gerakan Nasional Percepatan Vaksinasi Covid-19. Vaksinasi bagi rakyat ini, akan di gelar di 12 Kabupaten se Jawa Timur mulai Rabu (24/11/2021) besok. Projo Jawa Timur menargetkan 12.000 dosis pertama gratis untuk rakyat.

Pelaksanaan valsinasi akan digelar selama dua hari mulai tanggal 24-25 Nopember 2021. Sebagai tambahan, hingga 21 November 2021 capaian vaksinasi di Jawa Timur sudah mencapai 68,49 persen dosis pertama. Dan dosis kedua 44.90 persen. Percepatan pencapaian herd immunity akhir tahun ini sesuai perintah Presiden Jokowi.

“Gerakan percepatan vaksinasi ini berada di 12 Kabupaten tersebar di Jawa Timur. Target 12.000 dosis pertama berikut berkelanjutan dosis kedua. Mengingat Jatim saat ini masih di 68.49 persen dosis pertama dan dosis kedua 44.90 persen. Semoga bisa terlaksana dengan baik dan lancar dengan protokol kesehatan yang sangat ketat,” ungkap Koordinator Panitia Vaksinasi DPD Projo Jawa Timur di Club EMCI Café Waroeng Tani, Kota Batu, Selasa (23/11/2021).

Pengurus Dewan Pimpinan Daerah Projo Jawa Timur nantinya, sebagai panitia gerakan percepatan vaksinasi berada di 12 titik se Kabupaten di Jatim. Sentra vaksin bergerak menyasar ke pelosok-pelosok desa dengan target 12.000 dosis yang tersebar di Kabupaten Banyuwangi, Situbondo, Sidoarjo, Tuban, Gresik, Bojonegoro, Madiun, Nganjuk, Ngawi, Tulungagung, Pacitan, dan Kabupaten Sampang, Madura.

Kata Azhari Hasan, bahwa Presiden Jokowi dalam sambutan di acara vaksinasi serentak yang digelar Projo di 17 Provinsi secara virtual pada Jumat 24 September 2021 lalu mengatakan, pemerintah berusaha keras menggenjot progres vaksinasi nasional. Presiden Jokowi ingin 70 persen masyarakat Indonesia sudah divaksin hingga akhir 2021. Pemerintah bekerja siang dan malam untuk melakukan vaksinasi secara massal di seluruh penjuru negeri.

Azhari Hasan melanjutkan, pihaknya melihat Kepala Negara gembira melihat program percepatan progres vaksinasi ini. Semangat kebersamaan diyakini menjadi modal penting mengendalikan pandemi covid-19. “Perluasan dan percepatan vaksinasi ini sangat penting kita lakukan agar semakin banyak masyarakat yang divaksin,” tambahnya.

“Pada akhir pekan ini, Panitia DPD Projo Jawa Timur melaksanakan gerakan vaksinasi serentak pertama tanggal 24 Nopember 2021 di Tuban, Gresik, Sampang, Sidoarjo, Situbondo, Banyuwangi. Sentra Vaksin berikutnya tanggal 25 Nopember 2021 di Ngawi, Madiun, Bojonegoro, Tulungagung, Nganjuk dan Pacitan,” tegas Azhari.

Masih kata Azhari, selama ini secara umum vaksinasi diperkotaan, Presiden Jokowi menginstruksikan kepada kami untuk melakukan percepatan dan memperluas vaksinsi ke pelosok-pelosok desa. 12 sentra di Kabupaten-kabupaten itu, kami contohkan di Kabupaten Ngawi, dilaksanakan di Balai Desa Sidorejo dan Balai Desa Dadapan. Sementara di Kabupaten Bojonegoro, akan di gelar di Balai Desa Kedungrejo, Sumberejo.

“Untuk Kabupaten Madiun di Balai Desa Jatisari, Geger, dengan target masing-masing 1000 dosis pertama dan selanjutnya tahap kedua. Jadi sentra pelaksanaan mengakses pelosok-pelosok desa, karena di desa kami panitia melakukan pendekatan khusus,” papar Azhari.

Azhari Hasan menambahkan, gerakan vaksinasi serentak di Jawa Timur ini menggunakan Sinovac, ini adalah program berkelanjutan kerja sama DPP Pusat Projo, Kementerian Kesehatan, Mabes Polri dan Mandiri Taspen. Pelaksanaan vaksinasi juga akan ditinjau langsung Ketua Umum DPP Pusat Projo, Budi Ari Setiadi yang juga Wamendes PDTT RI.

DPD Projo Jatim berterimakasih kepada para pihak yang telah membantu gerakan percepatan vaksinasi di Jawa Timur ini. Termasuk para pimpinan BidDokkes Polda Jatim serta pengamanan dari Dir Intelkam Polda Jatim yang telah membantu teknis suksesi gerakan vaksinasi ini.

“Alhamdulillah para pihak terutama Polri Jawa Timur dalam hal ini Polda Jatim dapat membantu persiapan yang cukup singkat ini, kami ucapkan terimakasih. Tentunya pelayanan Polri di Jatim buat rakyat dalam hal ini sangat ditunggu, Memastikan rakyat mendapatkan vaksin gratis. Herd Immunity di Jawa Timur terus kita kejar, sehingga target pemerintah bisa tercapai,” ucap Azhari yang juga menjabat Ketua Bidang kominfo DPD Projo Jatim ini.

Ia menambahkan, tidak mungkin pemerintah melakukan pencapaian target vaksinasi sendiri, kalau tidak berkolaborasi dengan seluruh unsur masyarakat.

“Mari kita bangun gotong royong, semua para pimpinan lembaga pemerintah provinsi dan daerah untuk bergerak bersama, bahu membahu, kesehatan ini untuk dan milik kita bersama, maka harus betul-betul kerja keras agar Jawa Timur segera terpenuhi capaian vaksinasi 70 persen dosis pertama sesuai target Presiden Jokowi. Bahkan dosis kedua kita harus lebih kerja keras karena masih capaian 44,90 persen dari target, dosis kedua masih kurang agak jauh kita Jawatimur,” Azhari mengakhiri. (yog/kun)


Apa Reaksi Anda?

Komentar