Pendidikan & Kesehatan

Double Track Hidupkan Antusiasme Murid SMAN 1 Plaosan

Bupati Magetan Suparwoto memamerkan produk dari multimedia

Surabaya (beritajatim.com) – SMAN 1 Plaosan Magetan merupakan salah satu sekolah yang dipilih sebagai SMA Double Track. Double track merupakan program pendidikan besutan Pemprov Jatim. SMAN 1 Plaosan merupakan SMA terkecil dan terjauh di Kabupaten Magetan.

Terletak dikaki gunung Lagu dan hanya memiliki hanya sebelas rombel, SMAN 1 Plaosan memiliki lebih dari 65 persen lulusannya memilih tidak melanjutkan ke perguruan tinggi. Oleh karenanya, SMAN 1 Plaosan menjadi salah satu dari 4 SMA di Kabupaten Magetan yang mendapatkan kesempatan Double Track.

Program Double Track merupakan program pelaksanaan kegiatan KBM )kegiatan belajar mengajar) reguler dan menyelenggarakan kegiatan pembekalan keterampilan secara berdampingan sesuai dengan kearifan lokal. Intinya progam ini ditujukan pada sekolah SMA/MA yang memiliki lebih dari 50 persen lulusannya tidak melanjutkan ke perguruan tinggi. Sekolah tersebut menyelenggarakan pendidikan formal dan program keterampilan kewirausahaan secara bersamaan.

Bekerjasama dengan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) sebagai fasilitator design program, kurikulum dan penyiapan trainer guru SMA Double Track. Dengan kerjasama tersebut guru-guru dibekali ketrampilan untuk diajarkan ke anak didiknya.

Ada 15 keterampilan yang disediakan oleh program Double Track, tetapi di SMAN1 Plaosan masih 3 keterampilan yang disediakan. Terkait hal itu menurut Kepala Sekolah SMAN1 Plaosan, Aris Sudarmono, tiga keterampilan itu merupakan bentuk keterampilan yang paling dibutuhkan dan luas lapangan pekerjaan, yakni Multimedia, Tata Boga dan Tata Busana serta Tata Rias. Program ini pun ditujukan kepada siswa kelas 11 selama satu tahun dan bersifat ekstrakulikuler.

“Double Track selama 2 tahun berlangsung ini sangat baik. banyak siswa yang tertarik ikut dan ini bisa menjadi bekal untuk mencari penghasilan di dunia kerja karena dapat keterampilan dan sertifikat,” ujarnya.

Aris pun mengatakan bahwa di SMAN1 Plaosan sudah memiliki beberapa produk yang telah laku di pasaran. Seperi produk pin dan gantungan kunci dari siswa double track Multimedia, produk salad, kue ulang tahun dan snack dari siswa double track Tata Boga.

“Harapannya jiwa entrepreneur bisa tumbuh apalagi dekat sekali dengan lokasi wisata. Bisa berinovasi untuk bisa dipasarkan di objek wisata. Selain itu Double Track mampu hidupkan antusiasme sekolah,” ungkapnya.

Bupati Magetan Suprawoto berfoto di depan salon SMAN 1 Plaosan

Nawang Ajeng, siswa kelas 12 yang mengikuti program Double Track tahun lalu mengatakan, ia mendapatkan pengalaman dan pengetahuan yang sangat bermanfaat. Nawang senang dan antusias karena sekolah menjadi lebih menyenangkan.

“Pengalaman yang sangat luar bisa, untuk tahun lalu roll cake biasa, tetapi tahun ini ditambahi dengan motif batik. Saya dapat orderan dari salad, kue ulang tahun dan snack hajatan secara daring,” ungkap Ajeng.

Double Track juga menyediakan aplikasi Ruangdagang.net dan Ruangkarir.net sebagai wadah untuk produk dan jasa dari sekolah sekolah double track. Dalam aplikasi tersebut terekam semua data base dan portofolio sekolah Double Track.

Hari ini pun kunjungan ke SMAN1 Plaosan juga dihadiri oleh Bupati Magetan, Suprawoto. Ia mengatakan, dengan adanya program Double Track ini sekolah pinggiran mampu menjaring lebih banyak siswa dan menurunkan angka pengangguran serta meningkatkan kualitas hidup para lulusan SMA yang tidak melanjutkan sekolah ke Perguruan Tinggi.

“Program ini sangat bagus. Harapannya tidak hanya memiliki bekal keterampilan tetapi juga menumbuhkan jiwa entrepreneurship pemuda Magetan,” ungkap Bupati Suprawoto.

Suprawoto juga mengatakan bahwa entrepreneur menjadi modal yang ingin digalakkan di Magetan. Oleh karena entrepreneur berkaitan erat dengan wisata yang menjadi unggulan kabupaten Magetan. “Kalau bisa nanti akan kami siapkan satu market place yang bisa menampung semua produk putra Magetan. Nantinya juga akan kami dirikan Sekolah Diploma,” terangnya. [adg/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Ini Resep Salad Ala Timur Tengah

Menjaga Kecantikan Kulit Perempuan Saat Puasa

Coba Yuk, Snack Berlumur Saus Hummus