Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Dosen Unej Perlu Magang di Kemenkeu agar Tak Kalah dengan Mahasiswa

Iwan Taruna, Rektor Universitas Jember

Jember (beritajatim.com) – Iwan Taruna, Rektor Universitas Jember, di Kabupaten Jember, Jawa Timur, berharap dosen juga bisa magang di Kementerian Keuangan RI dan tak hanya mahasiswa. Ini bagian dari program

“Jangan sampai nanti mahasiswa yang usai magang justru lebih banyak tahu daripada dosennya. Kami juga berharap para pemangku kepentingan di Kemenkeu bisa menyempatkan menjadi dosen di kampus kami,” kata Iwan, saat acara penandatanganan naskah kerjasama (Memorandum of Understanding, MoU) antara Kemenkeu dengan tiga Perguruan Tinggi Negeri (PTN), yakni Universitas Jember, Universitas Padjdjaran dan Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta secara daring, Jumat (3/9/2021).

Penandatanganan naskah kesepahaman dilakukan antara Sekretaris Jenderal Kemenkeu Heru Pambudi dengan masing-masing rektor peguruan tinggi negeri. Acara dilanjutkan dengan penandatanganan perjanjian kerjasama antara Kepala Biro Sumber Daya Manusia Kemenkeu dengan Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis dari masing-masing perguruan tinggi negeri.

Iwan menyatakan kesiapannya mengimplementasikan kerjasama dengan Kemenkeu. ‚ÄúTermasuk mempersiapkan para dosen yang menjadi pembina magang atau bahkan ingin magang,” katanya, sebagaimana dilansir Humas Unej, Sabtu (4/9/2021).

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Nizam mengatakan, salah satu tujuan program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) adalah untuk mendekatkan lulusan perguruan tinggi dengan dunia kerja, serta meminimalisasi rantai yang hilang antara perguruan tinggi dengan dunia kerja.

Menurut Nizam, kurikulum dibuat berdasarkan masukan dari lulusan yang sudah bekerja, direvisi setiap lima tahunan. “Namun pada saatnya kurikulum tersebut kita terapkan pada mahasiswa yang akan datang, maka kondisi dunia kerja saat itu sudah berubah. Oleh karena itu program MBKM ¬†memberikan kesempatan yang luas bagi mahasiswa untuk mencari ilmu di luar kampus, termasuk magang di dunia kerja agar kemampuan mereka sesuai dengan tuntutan jaman,” katanya. [wir/ted]


Apa Reaksi Anda?

Komentar