Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Dosen Muda FK Unair Mulai Kuliah Tatap Muka

Surabaya (beritajatim.com) – Menyusul diizinkannya Pertemua Tatap Muka (PTM) untuk kegiatan belajar mengajar. Dokter Muda (DM) 2 Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK Unair) Surabaya mulai kembali menjalani pembelajaran secara tatap muka atau luring karena angka positif COVID-19 yang mulai melandai di Indonesia.

Koordinator Prodi Profesi Kedokteran FK Unair, Dr. dr. Mia Ratwita Andarsini,Sp.A(K) di Surabaya, Selasa menuturkan, awalnya pembelajaran DM luring sudah direncanakan dibuka kembali pada Bulan Juli lalu.

Namun karena terjadi lonjakan kasus COVID-19 imbas Varian Delta, pembelajaran DM luring diundur hingga September ini.

“Pembelajaran luring bagi DM tentu penting untuk memenuhi kompetensi dalam keterampilan klinis profesi dokter. Namun karena kondisi tidak memungkinkan kami undur hingga bulan ini. Karena yang terpenting adalah keselamatan pasien,” katanya.

 

Dokter Muda (DM) 2 Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK Unair) Surabaya mulai kembali menjalani pembelajaran secara tatap muka atau luring karena angka positif COVID-19 yang mulai melandai di Indonesia.

Mia menjelaskan pembelajaran luring DM 2 ini dibagi menjadi dua kelompok, yakni Kelompok A dan kelompok B. Awalnya pembelajaran luring DM 2 akan dilaksanakan berurutan.

Dimulai dari Kelompok A  dari tanggal 6 September hingga 5 November 2021. Kemudian dilanjutkan dengan Kelompok B pada 8 November sampai 5 Januari.

Namun setelah melalui diskusi dengan wali mahasiswa, akhirnya diputuskan bahwa pembelajaran luring DM 2 kelompok A dan B digelar bergantian.

keputusan ini, ujar Mia, mengakomodir wali mahasiswa yang khawatir anaknya tidak bisa merasakan DM luring jika suatu saat terjadi lonjakan kasus COVID-19 lagi.

“Kami mengakomodir permintaan orang tua. Untuk DM2 akhirnya kami selang seling (rotasi) tiap tiga minggu dengan wajib melakukan pemeriksaan swab antigen pada awal masuk,” ujarnya.

Disampaikannya, berubahnya jadwal kuliah DM 2 tidak mempengaruhi efektifitas belajar DM lama belajar pada tiap departemen tidak terpengaruh.

“Hanya saja ada risiko paparan karena mereka bergantian masuk. Karenanya diantisipasi pdengan swab antigen berkala setiap kali DM 2 masuk rotasi luring,” ucapnya.

Pembelajaran DM2 ini akan berlangsung selama sembilan minggu pada masing- masing kelompok. Jika tidak ada halangan, pembelajaran luring akan berakhir di bulan Januari 2022.

Untuk awal September ini, DM 2 Kelompok A terlebih dahulu masuk. Sejumlah 101 DM belajar di beberapa departemen seperti Bedah, Obgin, THT-KL, Mata dan Anestesi di dua rumah sakit pendidikan, baik di RSUD Dr. Soetomo maupun di RS Unair.  (adg/ted)


Apa Reaksi Anda?

Komentar