Pendidikan & Kesehatan

Dosen FISIP Universitas Jember Merdeka Mengajar di 14 Perguruan Tinggi

Dekan FISIP Unej Djoko Poernomo

Jember (beritajatim.com) – Saat ini, dosen-dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Jember di Kabupaten Jember, Jawa Timur, sudah mengajar di kurang lebih 14 perguruan tinggi lain di Indonesia.

Hal ini dikemukakan Dekan FISIP Unej Djoko Poernomo, sebagaimana dilansir Humas Unej, Jumat (4/6/2021). Beberapa perguruan tinggi itu antara lain FISIP Universitas Lampung, FISIP Universitas Pembangunan Nasional ‘Veteran’ Yogyakarta, FISIP Universitas Sam Ratulangi Manado, FISIP Universitas Sriwijaya Palembang, FISIP Universitas Nusa Cendana Kupang, FISIP Universitas Bangka Belitung, FISIP Universitas Bengkulu, dan FISIP Universitas Palangkaraya.

“Para dosen kami sudah biasa di pagi hari memberi kuliah di FISIP Universitas Lampung, sore bisa mengajar di FISIP UPN Yogyakarta,” kata Djoko. Ini bagian dari program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM). Selain memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengambil mata kuliah di PTN lain, Program MBKM juga memberikan kesempatan yang sama bagi dosen untuk mengajar di perguruan tinggi lain.

“Adanya pandemi Covid-19 tidak lantas membuat kita terpuruk. Malah dengan kecanggihan teknologi informasi dan komunikasi membuat kesempatan berkreasi dan bekerja sama makin luas,” kata Djoko.

Dekan FISIP Universitas Andalas Azwar mengatakan, pihaknya tertarik menjajaki pertukaran dosen pada semester gasal tahun akademik 2021/2022 nanti. Menurutnya, ada beberapa dosen program studi yang melanjutkan studi sehingga tidak aktif mengajar. “Dengan adanya kerja sama ini maka bisa mengundang dosen dari FISIP Universitas Jember untuk memberikan kuliah,” katanya. [wir/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar