Pendidikan & Kesehatan

Dosen Fakultas Teknologi Pertanian Jadi Rektor Universitas Jember

Jember (beritajatim.com) – Iwan Taruna, dosen Fakultas Teknologi Pertanian, terpilih menjadi rektor Universitas Jember di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Rabu (22/1/2020).

Iwan mendapat dukungan 75 suara mengalahkan Zulfikar (Wakil Rektor I) yang mendapat dukungan 51 suara dan Dafik (Dekan FKIP) yang mendapat dukungan 11 suara. Iwan akan memimpin Unej periode 2020-2024 menggantikan Mohammad Hasan.

Menteri Pendidikan diwakili Pelaksana Tugas Direktur Sumber Daya Mohammad Sofyan Effendi hadir dalam rapat senat tertutup tersebut. Menteri mendapat jatah 48 suara atau 35 persen dari jumlah senat dalam menentukan dukungan terhadap calon yang diajukan senat Unej. Jadi total dengan ditambah 89 suara senat, ada 137 suara yang diperebutkan.

“Dalam waktu dekat ini harus dilantik supaya tidak ada vacum of power. Tidak ada pelaksana tugas. Insya Allah kalau melihat surat keputusan, Pak Hasan dilantik pada 27 Januari empat tahun lalu. Pak Iwan mestinya dilantik pada tanggal itu supaya tak ada vacum of power,” kata Ketua Panitia Pemilihan Rektor Unej Mohammad Ali. Pelantikan akan dilakukan di Jakarta.

Iwan Taruna mengaku didukung pihak-pihak dengan latar belakang beragam. “Orang mungkin secara mudah mengatakan saya dari nasionalis. Tapi nasionalis kan banyak, ada yang dari GMNI, HMI. PMII juga nasionalis,” katanya tertawa.

Iwan akan memelihara yang sudah baik pada masa kepemimpinan Hasan dan memperbaiki yang perlu diperbaiki. “Normatifnya begitu. Tidak bisa saya berpikir sendiri. Nanti saya bersama teman-teman yang lain yang memiliki kompetensi. Ide-ide saya ada dalam visi dan misi kemarin,” jelasnya.

Iwan ingin Unej menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas, baik lulusan maupun tenaga dosen. “Kedua, produk-produk inovatif harus dikembangkan. Ketiga, melakulan tata kelola yang baik,” katanya. [wir/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar