Pendidikan & Kesehatan

Donor Darah di Sela KKN

Pamekasan (beritajatim.com) – Empat mahasiswa Universitas Negeri Surabaya (Unesa) melakukan donor darah di Unit Tranfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Pamekasan, Jumat (22/5/2020).

Aksi sosial kemanusiaan tersebut dilakukan oleh mahasiswa dari universitas di Surabaya, dalam melaksanakan program Kerja Nyata (KKN) Mandiri yang merupakan kewajiban bagi mereka selama menjalani studi pengabdian masyarakat.

Namun di tengah pandemi Covid-19 yang melanda penjuru negeri, para mahasiswa harus menjalankan program KKN Mandiri. Hal itulah yang dilakukan mahasiswa Unesa asal Pamekasan Mereka memilih PMI Pamekasan sebagai lokasi pengabdian.

“Donor darah ini sengaja kami lakukan untuk membantu sesama, terlebih saat ini kami tengah menjalani KKN Mandiri dari kampus dengan beragam pilihan program,” kata salah satu mahasiswa, Bella Apryani Pujayanti.

Selain menjalankan kewajiban dalam program pengabdian masyarakat, menurut Bella, dirinya bersama rekan lainnya juga berupaya untuk membantu sesama khususnya di tengah pandemi Covid-19, khususnya di Pamekasan.

“Memang untuk pelaksanaan KKN Mandiri ini, kami juga dituntut untuk membantu pihak terkait dan melakukan berbagai langkah antisipatif sekaligus upaya pencegahan terhadap penyebaran wabah virus (Covid),” ungkapnya.

Bella berharap donor darah yang dilakukan dapat memberikan manfaat kepada sesama. “Melalui kegiatan ini kita berharap bermanfaat bagi sesama, sesuai dengan jargon yang diusung PMI, yakni setetes darah bisa menyelamatkan sesama,” sambungnya.

Sementara pihak PMI Pamekasan menyampaikan apresiasi kepada mahasiwa yang melaksanakan donor darah. “Pertama kami sampaikan terima kasih kepada adik-adik mahasiswa yang telah melakukan pengabdian di tempat kami,” kata Wakil Kepala Markas PMI Pamekasan, Yulianto Prayitno.

“Tidak kalah penting kami juga sangat mengapresiasi aksi sosial yang mereka lakukan, sebab kegiatan sosial seperti donor darah merupkan salah satu bentuk pengabdian masyarakat. Tentunya hal itu sesuai dengan tugas yang mereka emban saat ini, yakni KKN,” pungkasnya.

Untuk diketahui, terdata sebanyak empat mahasiswa Unesa yang tengah menjalani program KKN Mandiri 2020. Masing-masing Bella Apryani Pujayanti (Prodi Akuntansi), Claressa Viola Septiani (Prodi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi), M Nanda Trimaulana Ridwan (Prodi Teknik Elektro) dan Noera Wahdaniyah (Prodi Pendidikan Kimia). [pin/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar