Pendidikan & Kesehatan

Dari Kota Mojokerto

Dokter Muda, Pelajar, PRT, dan Swasta, Positif Covid-19

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Covid-19 Kota Mojokerto, Gaguk Tri Prasetya. [Foto: misti/bj.com]

Mojokerto (beritajatim.com) – Gugus Tugas Covid-19 Kota Mojokerto kembali mencatat ada tambahan empat pasien positif per 11 Juni 2020. Empat pasien positif tersebut tiga perempuan dan satu laki-laki yang berprofesi sebagai dokter, pelajar, pembantu rumah tangga (PRT) dan swasta.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Covid-19 Kota Mojokerto, Gaguk Tri Prasetya membenarkan, ada empat tambahan pasien positif Covid-19 di Kota Mojokerto, Kamis (11/6/2020). “Benar ada tambahan 4 pasien positif untuk hari ini, 3 pasien dari Kecamatan Magersari dan 1 pasien dari Kranggan,” ungkapnya.

Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Mojokerto ini menjelaskan, pasien 22 merupakan perempuan asal Kecamatan Magersari, yang berprofesi sebagai dokter. Pasien berinisial dr Y, umur 26 tahun yang memiliki klinik swasta dengan diagnosa awal Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

“Y menjalani rapid test pada 3 Juni 2020 dan hasilnya reaktif sehingga dilakukan uji swab dua kali. Yakni tanggal 4 dan 5 Juni 2020. Hasilnya keluar hari ini, Y dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19. Riwayat perjalanan 14 hari ke belakang, Y melakukan perjalanan ke Sidoarjo,” katanya.

Ada dua orang yang kontak erat dengan pasien ada dua orang dan sudah dilakukan rapid test pada 6 Juni 2020 dengan hasil non reaktif. Pasien positif 23 merupakan pelajar asal Kecamatan Magersari, inisial BPP, usia 16 tahun dengan diagnosa awal sebagai Orang Dalam Pemantauan (ODP).

“Pasien BPP menjalani rapid test pada 4 Juni 2020 dengan hasil reaktif sehingga dilanjutkan uji swab pada 6 Juni 2020 dan hasilnya keluar hari ini. BPP dinyatakan positif, dari hasil tracing hanya satu yakni ibu pasien. Sudah dilakukan rapid test hasilnya reaktif, namun belum dilakukan uji swab,” ujarnya.

Hasil Rapid Test Covid-19, Ilustrasi

Selanjutnya, pasien positif 24 seorang perempuan, dengan inisial S, umur 40 tahun warga Kecamatan Kranggan yang berprofesi sebagai pembantu rumah tangga. S menjalani rapid test pada 3 Juni 2020 dengan hasil reaktif dan dilanjutkan dengan uji swab pada 26 Mei dan 6 Juni 2020.

“Swab pertama hasilnya negatif, namun hasil swab kedua yang keluar hari ini hasilnya positif. Pasien positif 25 juga seorang perempuan asal Kecamatan Magersari, inisial D, usia 20 tahun. D tinggal bersama ibu, nenek dan adiknya. Pasien D menjalani rapid test di Labkesda 22 Mei dengan hasil non reaktif,” jelasnya.

Meski begitu, pasien D menjalani uji swab pada 23 Mei 2029 dengan hasil negatif dan dilakukan uji swab kedua pada 6 Juni 2020. Hasil swab yang keluar hari ini, lanjut Gaguk, menunjukan jika pasien D terpapar virus corona.

Dengan bertambahnya empat pasien positif Covid-19 di Kota Mojokerto per 11 Juni 2020, jumlah pasien positif menjadi 25 orang. Dengan rincian 22 orang masih menjalani perawatan, dua diantaranya sudah sembuh dan satu pasien positif Covid-19 meninggal. [tin/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar